Agus Oloan
Agus Oloan Penulis Lepas di Kompasiana

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Confero Wuling Motors, Inovasi Baru Menyatukan Keluarga dalam Berkendara

8 Januari 2018   16:48 Diperbarui: 8 Januari 2018   17:08 3533 1 1
Confero Wuling Motors, Inovasi Baru Menyatukan Keluarga dalam Berkendara
Wuling Motors Medan, Mewarnai Kancah Otomotif Kota Medan. Bersama Pak Budy, Kacab Wuling Motors Jl. Ringroad. (Sumber: dokpri)

Dunia otomotif tanah air kembali diramaikan oleh munculnya sebuah perusahaan baru yang menamakan diri mereka PT SGMW Motor Indonesia, perusahaan gabungan antara SAIC, General Motors, and Wuling ini resmi mendapat izin mendirikan pabrik di kawasan industri Greenland Delta Mas, Kabupaten Bekasi pada tahun 2015.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla sendiri telah merestui beroperasinya pabrik pertama perusahaan mobil PT SGMW Motor Indonesia alias Wuling Motors dengan investasi dari Cina senilai hampir 10 triliun rupiah.

Confero, mobil pertama hasil produksi dari Wuling Motors tahun 2017 ini yang dipamerkan diacara GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), mendapat sambutan yang luar biasa dari para pengunjung pameran. 

Menurut informasi yang beredar, sebanyak 800 unit sudah dipesan oleh konsumen selama sepuluh hari pameran. Ini sungguh menjadi rekor fantantis untuk mobil pendatang baru.

Sebenarnya apa itu Wuling Motors dan mobil Confero? Saya berkesempatan mengunjungi ke dealer Wuling Motors yang ada di Kota Medan. Satu adanya di Jl. Ringroad, Ruko Mega Bisnis Center Blok A-1 dan satunya lagi ada di Jl. Sisingamangaraja Medan. 

Karena dealer Wuling yang di Ringroad dekat dari rumah, maka saya putuskan untuk mengunjungi tempat tersebut Selasa, 28 November 2017 sekitar pukul 11.30 Wib.

Saya disambut salesgirl dengan ramahnya, terjadi percakapan singkat. Setelah saya utarakan bahwa saya ingin bertanya-tanya seputar dealer dan produk dari Wuling Motors, maka saya diarahkan ke lantai dua bertemu langsung dengan Kacab (Kepala Cabang), Bapak Rudy Aditya. Di ruangan yang cukup dingin tersebut, saya memperkenalkan diri dan maksud tujuan untuk mencari informasi seputar Wuling Motors dan produk Confero S.

Body yang Stylish Salah Satu Keunggulan Mobil Confero S. Sumber: Dokpri
Body yang Stylish Salah Satu Keunggulan Mobil Confero S. Sumber: Dokpri

Sekilas Wuling Motors

"Wuling Motors, berasal dari kata Wu, lima dan Ling artinya Permata. Jadi Wuling artinya Lima Permata yang menyatu dan saling mengikat untuk membangun kebersamaan dan keharmonisan", seperti itulah penjelasan pak Rudy.

Beliau melanjutkan, "Di acara GIIAS Medan yang sukses diselenggarakan sejak tanggal 22-26 November yang lalu, Wuling Motors Medan memberikan diskon untuk DP (Down Payment) menarik khusus bagi konsumen yang ingin mengajukan pembelian kredit", jelas pak Rudy ketika saya menyinggung apakah ada diskon khusus mumpung momen "Hari Guru", gumam saya, karena jujur saya tertarik akan produk mobil keluaran Wuling Motors.

Lantas saya bertanya, "Apa kelebihan Wuling Motors dibandingkan dengan produk-produk lain yang sudah punya nama?". jawab pak Rudy,

"Wuling Motors yang baru beroperasi di Medan bulan Oktober lalu telah meluncurkan produknya bernama Confero dan Confero S, selain untuk memberikan warna baru bagi dunia otomotif, juga datang untuk memanjakan warga Medan dengan spesifikasi yang sesuai untuk kebutuhan berkendara dan kenyamanan keluarga, juga sudah tersedia spare part-nya di dealer SM. Raja sehingga tidak usah khawatir apabila ada masalah kendaraan".

Mobil Confero S dengan berbagai tipe di Dealer SM Raja. Siap Menjadi Pilihan Terbaik Warga Kota Medan (Dok Pri)
Mobil Confero S dengan berbagai tipe di Dealer SM Raja. Siap Menjadi Pilihan Terbaik Warga Kota Medan (Dok Pri)

Confero dan Confero S

Confero, berasal dari bahasa Latin yang artinya "untuk menyatukan" (to bring together), sedangkan huruf 'S' pada nama Confero, singkatan dari 'Sporty', yang artinya dalam berkendara mampu menjaga kenyamanan dan keamanan dari para penumpang yang disatukan dalam kendaraan Confero. Dengan bentuk yang elegan, desain grill (saluran angin) dan bumper (penahan/peredam benturan) yang modern dan gagah serta beberapa kelebihan lainnya.

Menurut pak Rudy, kelebihan Confero S terletak mulai dari desain yang unik, fokus pada perbaikan kabin sehingga mampu bersaing dengan mobil low mpv yang sejenis yang telah beredar dipasaran, ruang inferior yang lapang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman serasa dirumah. 

Dilengkapi dengan kabin tempat penyimpanan barang yang mudah dijangkau, Wuling Confero S juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memberikan rasa nyaman selama berkendara, di antaranya:

"Confero S 1.5 tipe L telah dilengkapi dengan enam parkir sensor, dua sensor di depan, empat sensor di parkir belakang, dua kantung udara di baris depan. Elektric Power Steering atau lampu proyektor dengan DRL. Rem dengan ABS+EBD, rem cakram di setiap roda, kamera parkir-mundur dan immobilizer merupakan kelebihan lain dari produk kami", jelas pak Rudy.

Soal mesin, Confero telah menggunakan kapasitas mesin 4-silinder 1500 cc dengan teknologi katup dual DVVT, horse Power 107 PS / 5.800 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm/ 3.800-4.400 rpm yang membuat saya sedikit melongo mendengar penjelasan pak Rudy yang dengan semangat dan meyakinkan menjelaskan spesifikasi mobil andalan Wuling Motors tersebut.

"Produk kami dijamin bisa bersaing dengan merek-merek lain yang sudah beredar dan punya nama, karena di samping mesin yang handal, juga Confero S Tipe Lux untuk delapan penumpang sudah dilapisi jok semi kulit. Selain bertenaga, juga hemat bahan bakar". Demikian penjelasan pak Rudy.

Mesin Confero S Dengan Inovasi Dual VVT, juga dengan Grill dan Bumper yang lebih paten, jaminan kualitas Confero. (Dok Pri)
Mesin Confero S Dengan Inovasi Dual VVT, juga dengan Grill dan Bumper yang lebih paten, jaminan kualitas Confero. (Dok Pri)

Spare Part Yang Lengkap Jaminan Confero S Diminati

Ada tiga pilihan varian seri Confero, yaitu: Confero 1.5, Confero S 1.5C, Confero S 1.5L, dengan pilihan warna Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black dan Dazzling Silver.

Di samping itu, kemudahan lain yang diberikan kepada konsumen adalah garansi umum untuk pembelian Confero seri apa saja selama tiga tahun atau setara dengan kecepatan 100.000 km. Garansi komponen utama mesin dan transmisi selama lima tahun atau setara dengan 100.000 km dan tentunya garansi suku cadang selama satu tahun.

Beragam pilihan Confero S dan sudah tersedia lengkap di Dealer Wuling Motors SM. Raja (Dok Pri)
Beragam pilihan Confero S dan sudah tersedia lengkap di Dealer Wuling Motors SM. Raja (Dok Pri)

Lalu apa target dealer Wuling Motors Ringroad? "Untuk sementara, karena ini masih baru, maka kami belum menargetkan maksimal penjualan, tetapi lebih pada penguatan kepercayaan dari para konsumen maupun calon konsumen, karena dengan cara ini maka lambat laun produk Confero S ini akan dikenal oleh masyarakat luas dan masyarakat kota Medan khususnya sehingga mereka mau mengambil produk kami.

Sebab dengan memupuk kepercayaan dan minat akan kualitas produk kami, maka kami bisa mengambil hati konsumen serta bersaing dengan produk lain", penjelasan pak Rudy menutup pembicaraan kami, sembari beliau mengarahkan agar saya berkunjung juga ke dealer di SM. Raja untuk mengetahui lebih lanjut.

Ketika saya sampai di Wuling SM Raja saya, saya melihat sales, Service dan Spare Parts yang lengkap, walau di sana-sini masih ada perbaikan, maklum karena masih baru. Saya bertemu dengan pak Yansen sesuai dengan arahan pak Rudy. 

Beliau bercerita banyak tentang Spare Parts yang langsung terintegrasi dengan fasilitas Wuling di Cikarang, menyediakan stok suku cadang yang sangat mencukupi sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan masalah suku cadang dari Confero S.

"Salah satu keunggulan kita adalah Spare Parts yang lengkap dan harga yang sangat terjangkau, bisa diadu dengan merek lain! Jadi tidak perlu takut pada penggantian suku cadang, karena di sini sudah lengkap. 

Masalah harga juga sangat terjangkau dan dapat bersaing dengan produk asing", begitulah penjelasan pak Yansen saat menunjukkan ruangan Spare Parts, ganti Oli dan bengkel yang masih baru dicat, sementara di halaman belakang yang luas berjejer mobil Confero S berbagai type dan warna.

Ruangan Spare Parts Confero S, Tersedia Untuk Memenuhi Kebutuhan Suku Cadang. (Dok Pri)
Ruangan Spare Parts Confero S, Tersedia Untuk Memenuhi Kebutuhan Suku Cadang. (Dok Pri)

Sungguh, ini membuat saya bergumam dalam hati, "Apakah ini tandanya aku selama ini menunda membeli mobil? Apakah mobil idaman itu bernama Confero S? Ya, harus bisa memboyong mobil ini!", tekad saya dalam hati sembari membolak-balik daftar harga yang diberikan oleh pak Yansen.

Benar memang bila dibandingkan dengan mobil merek lain, harga OTR-nya lebih murah, pun apabila di kredit dan juga bisa tukar-tambah dengan mobil lama Anda. Paling murah, Confero 1.5 MT dihargai hanya 141.300.000 rupiah, sementara yang paling mahal Wuling Confero S 1.5L LUX+MT dihargai 178.400.000 rupiah.

Jadi, apakah Confero S bisa menjadi raja baru dunia otomotif tanah air? Melihat dana investasi dan keseriusan mereka serta kemudahan dan jaminan kualitas keamanan dan kenyamanan berkendara yang diberikan, feeling saya Confero S bakal bisa menjadi pesaing terbaru roda empat tanah air. Mau satu donk!

Confero S, Inovasi Terbaru Otomotif Tanah Air Yang Siap Bersaing. Sumber: Dokpri
Confero S, Inovasi Terbaru Otomotif Tanah Air Yang Siap Bersaing. Sumber: Dokpri