Mohon tunggu...
Wiyono Agungsutanto
Wiyono Agungsutanto Mohon Tunggu...

menganyam aksara menjadi kata bermakna

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Telaga yang Mulai Mengering

31 Mei 2012   04:37 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:34 0 0 0 Mohon Tunggu...




Telaga air yang mulai mengering

Tempat tampungan air hujan. Air yang meluap ditampung di telaga yang dibuat oleh masyarakat. Hujan di musim hujan tidak menjadi masalah. Menjadi masalah saat musim kemarauair menjadi masalah. Air di satu tempat akan menjadi masalah tersendiri. Air yang menjadimasalah inilah yang perlu difahami. Kelebihan atau kekurangan air akan memunculkan masalah.

Air yang menyurut. Di beberapa daerah di Gunungkidulterdapat beberapa telaga yang mulai surut. Air dan daya tampungnya mulai menurun. Saat ini kebetulan musim menjelang panin. Sehingga tidak banyak kebutuhan air .

Belajar dari pasang surut. Kondisi yang berubah dari waktu ke waktu sebagai sarana pendidikan kita. Keadaan yangtidak menentu menjadikan kita selalu mawas diri dan senantiasa bersiap di setiap saat. Belajar begitu pula terus dan berlanjut hingga akhir masa.

Uhasa yang dilakukan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dari setiap langkah agar tetap baik. Baik secara fisik dan psikis senantiasa harus dilakukan. Bukan baru sekali dua kali tetapi sudah berulang kali. Sudah akrab dan menyatu dengan alam.

Ada wacana dengan mengangkat air dari sungai bawah tanah. Semacam di Bribin, Seropan. Subuah usaha dan telah dilakukan. Semoga sebagai solusi terbai...

Doc. Pribadi Umbul Ngricik