Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya. | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Isu Reshuffle Menguat, Posisi Nadiem Makarim Riskan

14 April 2021   12:26 Diperbarui: 15 April 2021   04:38 184 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isu Reshuffle Menguat, Posisi Nadiem Makarim Riskan
Nadiem Makarim dan Jokowi (Biro Setpres).

Ali Mochtar Ngabalin memberikan kisi-kisi  rencana reshuffle kabinet pekan ini. Dua dari kementerian yang masuk daftar yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Ristek, dan Kementerian Investasi-BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Posisi menteri  pendidikan saat ini dipegang Nadiem Makarim sementara posisi Kepala BKPM dipegang Bahlil Lahadalia.

Ali Mochtar Ngabalin, (twitter.com, 14/4/2021):

Presiden insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri DIKBUD/RISTEK (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. adakah menteri"lain yg akan di lantik, kapan&siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden&kita tunggu saja.#KabinetIndonesiaMaju

Tenaga Ahli Utama KSP tersebut tidak  menjabarkan secara gamblang apakah Nadiem  Makarim dan Bahlil akan diberhentikan. Secara nomenklatur Kemendikbud-Ristek adalah nama baru menggantikan Kemedikbud yang kemudian mendapat tambahan wewenang di  bidang Ristek. Menteri yang menjabat di Kemenristek sebelumnya adalah Bambang Brodjonegoro.

Kementerian Investasi sebelumnya tidak ada. Bahlil Lahadia sebelumnya adalah Kepala BKPM dan bidang investasi lebih banyak ditangani Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Dengan menguatnya kabar kocok-ulang kabinet tersebut ada beberapa kemungkinan perubahan posisi.

Nadiem Makarim bisa saja mengalami reshuffle, tetapi yang dimaksud adalah posisinya berdasarkan perubahan nomenklatur. Sekarang Mendikbud, setelah reshuffle berubah menjadi Mendikbud-Ristek.

Jika jabatan Kemendikbud-Ristek  mengalami perubahan maka selain Nadiem ada pula Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat di Kemenristek. Sebelumnya Menteri Ristek Bambang Brodjo sudah pamitan setelah fix Kemenristek digabung dengan Kemendikbud. Selain itu badan riset BRIN dikelola tersendiri sebagai sebuah lembaga independen di bawah presiden langsung.

Kementerian Investasi juga hampir mirip. Bahlil Lahadalia sebagai Kepala BKPM selanjutnya diangkat menjadi Menteri Investasi dengan kewenangan yang lebih luas dibanding jabatan sekarang.

Menyangkut nasib para menteri pekan ini, menarik untuk menyimak hasil survei kinerja kabinet dan pandangan beberapa  pengamat.

Relawan Joko Mania, JoMan, merekomendasikan 5 menteri yang perlu diganti. Kelima menteri itu adalah:

  • Menteri  Pertanian  Yasin Limpo
  • Menteri Agraria Sofyan Djalil
  • Menkominfo Johnny G Plate
  • Menteri Perdagangan M Lutfi
  • Mensesneg Pratikno.

Dalam daftar tersebut Ketum JoMan, Immanuel Ebenezer,  tidak mengajukan Nadiem dan Bahlil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN