Olahraga

Lari, Ringan Yang Bermanfaat

11 Oktober 2017   02:30 Diperbarui: 11 Oktober 2017   09:23 997 0 0
Lari, Ringan Yang Bermanfaat
Ilustrasi lari (merdeka.com)

Mens sana in corpore sano, kalimat berbahasa Latin yang sudah tak asing di telinga. Kalimat yang sering di dengar saat masih duduk di bangku sekolah ini memiliki arti "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat". Maksudnya adalah jika tubuh secara fisikal sehat, maka jiwa raga akan sehat. Meski dalam kenyataan tidak selalu tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Contohnya adalah jika tubuh sehat, tapi memiliki banyak permasalahan di kantor, kampus, atau sekolah tentu berpengaruh pada jiwa menjadi tidak sehat, dalam artian jiwa menjadi tidak tenang, cemas, ataupun ketakutan. Jiwa yang sehat adalah jiwa yang jauh dari segala macam permasalahan.

Mewujudkan pepatah berbahasa Latin tersebut, banyak cara untuk melakukannya, tergantung seberapa luang waktu dan niat seseorang. Untuk mencapai tubuh yang sehat beberapa cara dapat dicoba, misalnya menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan takaran dan tidak melebihi porsi yang dapat menyebabkan obesitas. Lalu menjaga pola tidur, dan memenuhi kebutuhan vitamin esensial serta mengonsumsi makanan berserat. Yang tak kalah penting adalah olahraga secara teratur.

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan stamina untuk beraktifitas sehari-hari. Olahraga secara teratur juga dapat menjaga lemak dalam tubuh dalam batas wajar, dan menjauhi penyakit dari lemak jahat. Banyak cara untuk berolahraga secara teratur, baik itu olahraga ringan sampai olahrga berat sekalipun.

Terlepas dari fungsi nyata terhadap kondisi tubuh, olahraga mampu memberikan perasaan bahagia saat melakukannnya. Olahraga yang disenangi akan memberikan efek amnesia sesaat terhadap segala macam permasalahan yang melanda kehidupan. Meski hanya sementara, tapi memberikan ketenangan dan pencerahan yang berefek pada cara penyelesaian masalah menjadi lebih baik. Perasaan bahagia menjadikan pikiran dan hati menjadi rileks, setelahnya pikiran menjadi lebih mudah berkonsentrasi.

Meski memiliki manfaat yang cukup besar terhadap tubuh dan jiwa, nyatanya olahraga masih sering ditinggalkan dengan alasan kesibukan, sehingga tak sempat untuk berolahraga. Alasan klasik. Padahal, olahraga tak melulu membuang waktu. Kalau pun membuang waktu, itu tak akan sia-sia jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat.

Olahraga dapat dilakukan ditengah aktifitas yang padat. Lari misalnya, tak perlu banyak waktu untuk melakukan olahraga ringan ini. Jika aktifitas padat dimulai dari pagi hingga sore, lari di pagi hari sebelum memulai aktifitas menjadi solusi terbaik. Karena, akan membuat semangat beraktifitas bertambah, lebih dari itu, lari pagi dapat menyehatkan jantung. Menurut penelitian, berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa di kurangi hingga 34%. Lari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol.

Lari pagi di tengah rutinitas setiap harinya dapat dimulai saat matahari belum menunjukkan sinarnya secara penuh. Tak perlu waktu lama melakukannya, cukup dengan waktu 15 menit setiap harinya dengan mengelilingi halaman rumah atau berlarian di sekitar area rumah, dengan begitu tubuh dan jiwa akan terus dalam kondisi optimal, imbasnya aktifitas menjadi lebih produktif. Setelah lari pagi, bersiap menjalani aktifitas hari, tak lupa sarapan untuk memberikan energi. Jika lakukan hal ini, Men sana in corpore sano akan terwujud.

Walaupun berolahrga dari apa yang disenangi jauh lebih menyenangkan, tak ada salahnya lari setiap pagi sebelum beraktifitas. Niat dan keinginan menjaga kondisi tubuh bisa di jadikan alasan tak terelakkan untuk hal ini.

Lebih menyenangkan lagi jika olahraga yang disenangi memberikan penghasilan, seperti para atlet atau para pesepakbola. Terlepas dari penghasilan, tubuh dan jiwa yang sehat tentu jadi tujuan utama.

Mandiri Jakarta Marathon 2017
Mandiri Jakarta Marathon 2017
Tahun ini, Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi Marathon untuk kali kelima secara berturut-turut. Dengan tajuk Mandiri Jakarta Marathon 2017 ini merupakan lomba lari yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, yang disponsori oleh Bank Mandiri. Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan diadakan pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 di Lapangan Silang Monas.

Ini yang dimaksud olahraga menyenangkan yang menghasilkan. Dengan kategori yang di lombakan Mandiri Jakarta Marathon 2017 adalah Full Marathon dengan jarak 42.195 KM.Half Marathon dengan jarak 21.0975 KM. Kemudian lari jarak 10 KM dan 5 KM. Serta Maratoonz (Children's Sprint) dengan jarak 1 KM. Segera daftarkan diri. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat dan kantong yang sehat, salam olahraga.