Pernahkan  Anda berharap ada 30 jam dalam satu hari? Tentunya ekstra waktu ini dapat mengurangi tekanan besar yang mengungkung kita. Namun apakah 30 jam sehari benar-benar mampu menyelesaikan masalah? Kita hidup dalam tekanan konstan antara hal yang mendesak dan hal yang penting. Masalahnya tugas yang penting jarang yang harus diselesaikan dalam sehari, atau bahkan seminggu. Namun tugas mendesak menuntut tindakan instan-permintaan tiada akhir, tekanan setiap jam dan hari.Â
Waktu merupakan sumber daya yang unik. Setiap hari, semua orang memiliki jumlah yang sama. Waktu tidak dapat diakumulasi. Anda tidak dapat mematikan atau menyalakannya. Waktu tidak bisa digantikan. Waktu harus dihabiskan pada angka 60 detik setiap menit.Â
Manajemen waktu seperti halnya manajemen sumber daya lain mengandalkan anlisis dan perencanaan. Guna memahami dan menerapkan prinsip manajemen waktu, Anda harus mengetahui bukan cara menggunakan waktu, tetapi juga masalah yang Anda hadapi dalam menggunakannya secara efektif disertai penyebabnya. Dari basis ini, Anda dapat mempelajari cara meningkatkan efektifitas dan efisiensi investasi waktu yang lebih baik.
Penentuan Prioritas
Menentukan prioritas penggunaaan waktu melalui proses dua langkah:
1. mendaftar tugas yang harus dilakukan
2. menentukan prioritas tugas yang tercantum dalam daftar
Metode ABC
Penggunaan metode ABC untuk menentukan prioritas yauti dengan cara menempatkan setiap tugas daftar Anda ke dalam salah satu kategori berikut ini:
Prioritas A
"Harus Dilakukan" - inilah tugas yang penting. Tugas-tugas ini dimasukkan ke dalam kategori ini karena merupakan perintah atasan, permintaan pelanggan penting, tenggat waktu yang signifikan atau kesempatan menuju keberhasilan atau kemajuan.