Mohon tunggu...
Agung Mulyono
Agung Mulyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Ekonomi UNDIP 18'

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tanggapi Lonjakan Angka Kasus Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Protokol Kesehatan dan Pembagian Masker

24 Juli 2021   13:32 Diperbarui: 4 Agustus 2021   11:48 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanggapi Lonjakan Angka Kasus Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Protokol Kesehatan dan Pembagian Masker
Pembagian masker kepada warga yang ada di Pasar. Sumber : Dok Pribadi

Kebumen 2 Juli 2021 – Tim Satgas Covid-19 Desa Klegenwonosari beserta enam mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada periode 30 Juni - 12 Agustus 2021 melakukan kegiatan pembagian masker dan himbauan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasar Wedi, Desa Klegenwonosari, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen.

Salah satu tempat umum yang menjadi penyebaran virus Covid-19 ialah pasar. Di Desa Klegenwonosari sendiri Covid-19 memiliki angka lonjakan yang tinggi akhir-akhir ini sama seperti di daerah lain. 

Hal ini diakibatkan oleh transmisi virus corona yang begitu cepat dan adanya varian virus baru (Delta) yang menyebar lebih cepat dibanding varian-varian sebelumnya serta banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, protokol kesehatan harus dilakukan terutama di tempat umum untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan ini berkoordinasi dengan Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Klegenwonosari serta dibantu oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Klirong. 

Sasaran pada kegiatan ini adalah penjual dan pembeli pada pasar yang mengabaikan protokol kesehatan yang ada. Kegiatan ini dimulai dengan briefing di Balai Desa terlebih dahulu, untuk dijelaskan terkait prosedur edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker. Kegiatan ini dimulai pada jam 9 tepat dimana warga banyak melakukan aktivitas nya di pasar. Kegiatan ini berlangsung selama 1 jam dan mendapat respon positif dari warga desa.

Puji Santoso selaku Kepala Desa Klegenwonosari menerangkan bahwa kegiatan edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker ini bertujuan untuk mengurangi penambahan jumlah kasus Covid-19 yang ada di Desa Klegewonosari. 

“Saya harap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 5M agar penambahan kasus Covid-19 ini dapat berkurang” ucap Puji Santoso selaku Kepala Desa Klegenwonosari. Salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro, Agung Mulyono (21 tahun) mengatakan bahwa dengan adanya mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Pembagian sembako kepada warga yang sedang isolasi mandiri. Sumber : Dok Pribadi
Pembagian sembako kepada warga yang sedang isolasi mandiri. Sumber : Dok Pribadi
Setelah kegiatan tersebut selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sembako ke rumah-rumah tempat warga yang sedang isolasi mandiri (isoman). Kegiatan ini disebut sebagai program “Jogo Tonggo”.  Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga yang terdampak Covid-19.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x