Mohon tunggu...
agung maulanapratama
agung maulanapratama Mohon Tunggu... Pecintamotor.com

Wajib usaha terus

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penyebab Mesin Motor Overheat

10 Juli 2019   02:07 Diperbarui: 10 Juli 2019   06:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pengendara mana sih yang tidak pernah merasakan mesin motor mereka overheat sekalipun itu motor matic, tentu saja semua akan mengalaminya kecuali memang berbakat merawat motor.

Ciri ciri mesin motor overheat ialah seperti mesin tiba tiba mati saat jalan mesin mati langsung setelah distarter, bunyi mesin motor bergetar dan lain sebagainya. 

Tentu saja hal ini akan berdampak jelek kedepannya bagi komponen komponen lainnya jika dibiarkan dan tidak cepat ditangani.

Oleh karena itulah disini saya akan memberitahukan apa saja penyebab mesin motor tersebut bisa overheat dan bagaimana mengatasinya.

1. Perbaiki atau periksa pengapian

Penyebab utama mesin motor mudah overheat umumnya tidak terlepas dari gangguan pengapiannya. Jadi silakan cek busi hingga SPUL motormu.

2. Oli kurang rutib

Penyebab berikutnya ialah bukan tidak lain jadwal penggantian oli mesin kamu mungkin tidak sesuai anjuran. Dimana rate rata umumnya untuk jarak tempuh standar 20km perhari maka oli mesin harus diganti 1-2 bulan dan oli gardam pada bulan ke 3nya. 

3. Motor tak pernah dipanasi

Ternyata selain memanaskan motor memberi dampak positif bagi Aki motor agar lebih awet, hak tersebut juga berpengaruh terhadap mesin. Sebab jika mesin tidak dipanasi terlebih dahulu dan langsung pakai tentu saja mesin akan merasa kaget saat digas inilah yang menjadikan tiba tiba suhu mesin tinggi karena kinerjanya tidak ada adaptasi dahulu. 

4. Melakukan perubahan cc bore up

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2