Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | Instagram @agunghan_ | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menikmati Suasana Tempo Doeloe di Stasiun Rangkasbitung

22 September 2022   08:04 Diperbarui: 22 September 2022   08:05 387 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak pilihan piknik murah meriah, satu diantaranya adalah naik commuter line. Kini Stasiun-stasiun di Jabodetabek, bersolek menyediakan fasilitas demi kenyaman penggunanya. Dan ada satu stasiun sangat unik, dengan mempertahankan suasana tempo doeloe.

Adalah stasiun Rangkasbitung (RK) atau Stasiun Rangkas, yang vibes jadul-nya masih kuat. Stasiun kereta api kelas besar tipe C, di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak Banten. 

Masa lalu stasiun ini tercatat dalam sejarah, dahulu terdapat percabangan jalur kereta api Labuan melewati Pandeglang. 

Kemudian ada percabangan jalur Saketi - Bayah, dibangun oleh tawanan Jepang atau romusha. Konon ribuan orang kehilangan nyawa, akibat perlakuan tentara Jepang tak berperikemanusiaan saat pembangunan jalur ini.

Atap dan langit-langit khas kolonial sangat jelas, adalah peninggalan Staatsspoorwegen. Ada bangunan lama, kini difungsikan sebagai ruang tunggu penumpang KA Lokal Merak. 

Ada depo kereta dan depo lokomotif, menyimpan dan merawat gerbong datar.  Bangunan lama sedap dipandang, tampak dirawat dan berfungsi dengan baik. Oleh pihak Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT KAI, telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Piknik ke stasiun memang mengasyikan, tak perlu berpindah antarmoda. Tapi sebaiknya mengambil waktu di luar jam sibuk, bisa bareng teman atau keluarga. Selain menikmati suasana stasiun, sekalian hunting kuliner atau lokasi wisata lokal terdekat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan