Mohon tunggu...
Agung MEros
Agung MEros Mohon Tunggu... Jurnalis

Jurnalis Freelance

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Inilah Sosok yang Layak Jadi Bupati Solok

6 Agustus 2019   18:14 Diperbarui: 6 Agustus 2019   18:21 0 1 1 Mohon Tunggu...

Solok- Pilkada Kabupaten Solok akan berlangsung pada 2020 mendatang. Sejumlah kalangan menilai Kabupaten Solok sudah saatnya dipimpin oleh orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan bekerja keras.

Hal tersebut didasari dari luas wilayah 3.738 km2, Solok dan memiliki banyak  Sumber Daya Alam unggulan terutama pertanian dan pariwisata. Maka itu, Bupati mendatang haruslah sosok pekerja keras yang mampu mengoptimalkan potensi yang ada sehingga mampu mendobrak ekonomi masyarakat.

"Saya rasa diantara banyak calon Bupati yang bermunculan hanya Iriadi Dt Tumanggung dianggap mampu dan layak mengganti Bupati sekarang Gusmal yang akan segera mengakhir masa jabatannya," tutur mantan Ketua KPU Sumsel, Maramis SH Mhum, Selasa (6/8/2019).

Maramis menjelaskan, sosok Iriadi selama ini dikenal sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial dan merupakan sosok pekerja keras serta komitmen terhadap tugas yang diembannya. Terlebih lagi terakhir jabatan Iriadi merupakan pekerjaan yang memiliki integritas sangat tinggi.

"Iriadi adalah sosok pekerja keras, serta selalu tertib administrasi dalam setiap pelaporan hasil kerjanya," kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini.
 
Sementara itu, Direktur Lintas Politika Indonesia Kemas Khoirul Mukhlis mengungkapkan jika Iriadi diketahuinya memiliki visi besar dalam membangun Kabupaten Solok.

"Beliau menginginkan kesejahteraan masyarakat sana lebih meningkat, apalagi Solok merupakan sentra industri beras utama di Sumbar. Belum lagi potensi pertanian lain seperti sayur dan bawang yang tumbuh subur di sana. Beliau ingin Solok menjadi Kabupaten yang diperhitungkan dalam kancah Nasional, bahkan Internasional," tutur Mukhlis.

Di samping itu, Iriadi juga ingin mengangkat potensi Pariwisata Solok yang memiliki Danau Singkarak sebagai andalan. "Saya yakin di tangan beliau, Solok akan semakin maju. Apalagi Iriadi memiliki relationshif dan pergaulan luas di legislatif maupun eksekutif nasional. Ini penting, karena pasti akan mampu memberikan dampak positif bagi pemerintahan Solok mendatang," tambahnya lagi.

Pemilihan Bupati Solok dijadwalkan pelaksanaannya berbarengan dengan 170 wilayah lain se Indonesia pada September 2020 mendatang. Dalam berbagai polling yang digelar media online, nama Iriadi selalu mengungguli para kandidat lainnya. Dikonfirmasi wartawan saat itu, Iriadi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Solok.

" Mudah-mudahan dukungan ini akan membawa kemenangan riil dalam Pilkada tahun depan. Insya Allah, beberapa partai juga telah berkomitmen akan mengusung saya sebagai calon Bupati Solok mendatang," imbuhnya.

Iriadi Dt Tumanggung yang dilahirkan di Selayo 11 November 1962 ini memiliki pengalaman birokrasi dan banyak mengabdikan diri di Sumsel. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya ini, sampai sekarang masih dipercaya Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel.