Mohon tunggu...
Agung prayogi
Agung prayogi Mohon Tunggu... Auditor - Mahasiswa Psikologi

Psy Adiict

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Pro dan Kontra PUBG

19 Agustus 2019   17:47 Diperbarui: 19 Agustus 2019   17:52 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

PUBG Mengancam Motivasi belajar Mahasiswa.

Teknologi Informasi  dan Komunikasi di Indonesia mengalami perkembangan yang  pesat dan meluas. Di era revolusi industri 4.0 masyarakat diberikan kemudahan dalam mengakses segala sistem informasi. Tidak dapat dipungkiri, kehidupan manusia sangat bergantung dengan kemajuan internet, seperti di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. 

Dengan adanya internet mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi dengan teman atau saudara yang jauh, berkenalan dan menambah teman melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi media sosial lainya. Internet juga mempermudah masyarkat untuk menjualkan produk serta berbisnis secara online, sebagai suatu sarana untuk memperoleh eksitensi, hiburan, serta memperoleh informasi terbaru.

Teknologi internet memberikan dampak yang besar serta  beragam terhadap kehidupan manusia, salah satunya yang paling banyak digemari adalah dari segi hiburan. Masyarakat memiliki beragam cara untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan, hiburan tak terbatas ruang waktu maupun usia yaitu seperti bermain, bermain memang merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan dan merupakan kebutuhan yang sudah melekat dalam diri manusia serta tidak memandang batas usia, bermain menjadi salah satu alternatif aktivitas hiburan yang mudah dilakukan adalah bermain game di smartphone.

Game saat ini memiliki berbagai macam permainannya, baik dimainkan secara offline maupun online. Namun Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain dari seluruh dunia dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan.  Mobile game yang sangat digemari Mahasiswa pada era sekarang adalah PUBG Mobile.

PUBG Mobile (Akbar, Az-zahra, & Brata, 2019) merupakan salah satu game First-Person Shooter dan Third-Person Shooter yang baru saja dirilis pada 19 Maret 2018 oleh Tencent Games. PUBG Mobile diadaptasi dari Game PUBG PC yang merupakan sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan "Battle-Royale" sebagai genre utama, game ini berjenis First-Person Shooter dan Third-Person Shooter. Dengan kemudahan untuk mengakses PUBG mobile dan memberikan hiburan yang cukup menarik mengakibatkan  game ini memiliki banyak peminatnya.

PUBG digemari oleh banyak Mahasiswa, karena permainan ini memiliki beberapa aspek keunggulan antara lain Grafis dalam Mobile PUBG sangat bagus serta performa yang ditampilkan didalam layar serta luasnya Map Mobile PUBG yang sangat luas dan senjata yang diberikan cukup bervariasi yang mengakibatkan Mobile PUBG memiliki banyak peminatnya. Walaupun Game merupakan salah satu media dimana cara seorang siswa untuk  dapat mengurangi kejenuhan dalam menjalani kehidupan di kampus. 

Namun Mobile game ini dapat menimbulkan ketagihan bagi peminatnya. Dalam hal ini Mobile PUBG dapat berpengaruh terhadap prestasi dan kemampuan akademik mahasiswa. Para Mahasiswa rela menghabiskan waktu berjam-jam demi memuaskan dirinya untuk bermain game tanpa memikirkan kehidupan disekelilingnya serta tugasnya sebagai Mahasiswa. Mahasiswa lebih memilih untuk bermain mobile game PUBG daripada untuk belajar ini mengakibatkan motivasi belajar mahasiswa berkurang serta prestasi yang dihasilkan ini menurun.

Maka dari itu seorang mahasiswa harus memahami serta mengetahui tentang motivasi dalam dirinya. Motivasi merupakan dorongan untuk seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Mc.Donald "Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan" (Fauziah, Rosnaningsih, & Azhar, 2018). dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan sebuah dorongan yang dialami oleh seseorang untuk melakukan suatu perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja untuk mencapai tujuan tertentu.

Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendorong semangat belajar Mahasiswa. Di dalam motivasi juga terdapat keinginan dan cita-cita yang tinggi. Sehingga Mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar akan mengerti dengan apa yang menjadi tujuan dalam belajar, di samping itu keadaan siswa yang baik dalam belajar akan menyebabkan siswa tersebut semangat dalam belajar dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Serta dengan adanya motivasi mengakibatnya adanya  dorongan seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sesuatu kegiatan untuk mencapai tujuannya.(Fauziah et al., 2018)

Motivasi juga bisa berasal dari dalam diri dan dari orang lain, baik itu guru, keluarga dan teman. Siswa yang memiliki motivasi belajar maka akan serius dan tertarik dalam pembelajaran sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, tetapi siswa yang tidak memiliki motivasi belajar maka akan selalu merasa bosan dalam pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun