Humaniora Pilihan

Introspeksi Dirimu dengan Melihat Riwayat Pencarian Internetmu

10 April 2018   19:06 Diperbarui: 10 April 2018   19:31 501 3 0
Introspeksi Dirimu dengan Melihat Riwayat Pencarian Internetmu
sumber foto: nytimes.com

Zaman sekarang, dengan adanya internet semua menjadi mudah, banyak sekali manfaat yang bisa kita pergunakan dari internet. Selain sebagai media komunikasi internet juga biasa untuk mencari informasi, bertukar data, digunakan untuk pembelajaran, berwira usaha dan masih banyak lagi.

Apalagi di zaman now internet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap orang, dimana sekarang setiap orang pasti memiliki smartphone. Mulai dari yang dewasa, remaja, bahkan anak-anak sekarang sudah mahir menggunakan internet. Parahnya lagi, dari bangun tidur benda yang bertama kali kita cari adalah smartphone, sampai sebelum tidur pun kita tak bisa pisah dengan yang namanya smartphone kita.

Kita ketahui sendiri untuk mengakses internet di smartphone jelas kita membutuhkan paket data internet yang harganya biasanya kurang lebih 50 ribu tiap bulannya, bahkan yang memasang wifi juga harus membayar mahal untuk tiap bulannya.

Untuk itu, yang menjadi masalah,  dengan biaya yang sudah kita keluarkan dari pagi sampai malam apakah kita menggunakan smartphone atau internet sudah dengan semestinya? apakah sudah dimanfaatkan dengan baik? Apa saja yang kita cari didalam internet?

Ini bisa menjadi bahan intropeksi untuk diri sendiri. Dari pagi sampe malem kita biasanya menggunakan ponsel cuma untuk chat dengan teman atau pacar, main game online sampe malem, bahkan untuk stalking media sosial temen atau mantan. Padahal masih banyak kegunaan internet yang lebih bermanfaat untuk kita.

Kita bisa tau apakah kita sudah menggunakan internet dengan baik atau belum dengan melihat daftar riwayat pencarian di smatphone kita, apakah konten yang kita buka memberikan manfaat untuk kita? berapa banyak informasi yang kamu cari? Dan berapa berita yang sudah kamu baca?

Itu bisa menjadi acuan untuk kita, bahwa kita menggunakan smarphone dengan benar. Apalagi dalam internet biasanya diselipi iklan-iklan berbau pornografi yang bisa membuat kita terpancing untuk membukanya.

Untuk itu marilah kita merenung dan intopeksi diri, jangan sampai kita membuang uang hanya untuk membeli paket data internet dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Jangan hanya dipakai chat atau main game saja, Padahal didalam internet sudah tersedia banyak sekali informasi yang bisa kita eksplor tiap harinya.