Mohon tunggu...
Agung Artitayasa
Agung Artitayasa Mohon Tunggu... A writer who is really idolizing film

-

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ulasan Film Nomadland, Pemenang Best Picture Oscar 2021

13 Mei 2021   14:35 Diperbarui: 13 Mei 2021   14:48 293 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ulasan Film Nomadland, Pemenang Best Picture Oscar 2021
Poster film Nomadland. Foto: Instagram Nomadland

Sudah tidak diragukan lagi film Nomadland bisa memenangkan OSCAR 2021. Film ini disutradarai dan diproduseri oleh Chloe Zhao, yang juga merupakan pembuat film Marvel Studios Eternals yang akan tayang nanti. Film ini sangat berpeluang besar untuk menang karena hampir semua penghargaan besar film selain OSCAR kebanyakan memenangkan Nomadland sebagai Film Terbaik di Tahun 2020. 

Foto: The Wall Street Journal
Foto: The Wall Street Journal
Film ini berkisah tentang seorang wanita janda bernama Fern yang diperankan oleh Frances McDormand yang ditinggalkan oleh suaminya karena meninggal dan tempat ia bekerja ditutup karena terjadinya suatu Great Recession atau Krisis Ekonomi Amerika Serikat yang dulu pernah terjadi di Amerika Serikat pada  tahun 2007 sampai 2009 dan krisis finansial pada tahun 2011. Film ini diadaptasi berdasarkan Buku Non Fiksi Jessica Bruder yang dirilis pada 2017 lalu. 

Lalu, tokoh Fern ini berusaha untuk bisa melanjutkan hidupnya dengan cara menjadi Nomaden yang berpindah-pindah tempat dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Lalu, dia bertemu orang-orang, serta pengalaman yang ia dapatkan sendiri. Fern kemudian terus menjelah semakin jauh, melihat sisi-sisi Amerika yang lolos dari perhatian. Sepanjang proses adegan memang plot ini dibangun bukan hanya karena konflik pribadinya saja, tapi bagaimana ia mendapatkan banyak pengalamannya sebagai Nomaden dalam situasi tersebut. Itulah mengapa ketika orang-orang menonton Film ini, terasa seperti menonton Film Documentary Drama karena kualitas filmnya dibuat sama levelnya khususnya berdasarkan plot.

Gambar: Awardsdaily
Gambar: Awardsdaily
Sehingga ketika orang menonton film ini, feel dan expression yang terdapat pada film ini benar-benar menyentuh hati para penonton. Itulah bagaimana Chloe Zhao menggunakan pencitraan visual ke filmnya sehingga membuat para penonton merasa kagum saat melihatnya.

Menurut saya,  film ini sangat menyentuh karena kita bisa merasakan apa yang dirasakan tokoh Fern dicerita Nomadland yang terpaksa harus menjadi nomaden yang mengalami masa-masa sulit. Film ini juga mengajak para penonton untuk bersatu dengan alam karena di film ini pula juga memperlihatkan situasi alam sekitar yang begitu luas  serta cinematography nya yang memukau. Di film ini juga memperlihatkan kepada para penonton bagaimana  Fern bersosialisasi orang-orang yang bernasib yang sama seperti Fern. Film ini penuh dengan kesan yang menyentuh karena mempunyai relasi pula dengan kehidupan nyata sehingga memiliki makna tersendiri dan film ini juga bekerja sama dengan komunitas Nomaden di Amerika Serikat. 

Gambar: Los Angeles Times
Gambar: Los Angeles Times

Nomadland tentunya mendapat rating tinggi yaitu 94% Rotten Tomatoes maupun 93% Metacritic dari hasil penilaian para kritikus. Hal ini membuat film ini meraih prestasi yang luar biasa juga karena bisa dibilang tak terkalahkan oleh film yang lain di kategori Best Picture ini. Jadi, tak heran,  jika berdasarkan ulasan tersebut, Nomadland bisa menjadi Film Terbaik di Tahun 2020.

Selain Best Picture (Film Terbaik yang diwakilkan oleh Produser), film ini juga menang di OSCAR 2021 pada kategori Best Actress in a Leading Role (Aktris Pemeran Utama Terbaik) oleh Frances McDormand dan Best Directing (Sutradara Terbaik) oleh Chloe Zhao.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x