Mohon tunggu...
Agsta Aris A
Agsta Aris A Mohon Tunggu... Mahasiswa

Usaha yang kita lakukan jauh lebih bernilai, ketimbang apa yang akan kita dapatkan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Uji Kompetensi Mahasiswa Melalui Praktik Kerja Lapangan

14 Juli 2019   23:04 Diperbarui: 14 Juli 2019   23:14 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Peradaban akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) periode 2019-2020 dimana PKL (Praktek Kerja Lapangan) merupakan suatu program belajar atau kegiatan di perguruan tinggi yang pada dasarnya harus diikuti oleh seluruh mahasiswa. 

Berdasarkan Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan pemerintah No.4 Tahun 2014 tentang Pendidikan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pasalnya, berdasarkan peraturan tersebut tujuan dari pelaksanaan PKL adalah mahasiswa mampu mengimplementasikan, mengembangkan keilmuan dalam dunia kerja/masyarakat, sesuai dengan kompetensi yang dimiliknya, sehingga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan keahlian sesuai dengan bidang keilmuannya.

Akan hal itu apakah mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan memperoleh pengetahuannya terkait pengumpulan data dan analisis data yang terkait dengan masalah dalam tuntutan menulis laporan penelitiannya nanti?

Peranan perguruan tinggi bahwasanya akan menjadi tolakukur yang strategis bagi masyarakatnya. Perguruan tinggi diharapkan tidak saja sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi sekaligus sebagai sarana pelatihan dan pematangan sumber daya manusia yang akan siap memasuki teknostruktur (keadaan) masyarakat industrial dimasa depan. Hal ini menunjukan bahwa sifatnya PKL diwajibkan bagi mahasiswanya agar mengetahui dunia pekerjaan.

Dunia kerja diartikan sebagai gambaran tentang orang-orang yang bekerja. Charles R Wright membatasi dunia kerja sebagai kelompok kerja yang antara lain terdiri dari eksekutif bisnis, pejabat, pegawai kantor, guru, pengacara, wartawan, dokter, ilmuwan, petani, nelayan dan ibu rumah tangga.

Informasi tentang dunia kerja ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami dunia kerja. Melalui PKL pemahaman terhadap dunia kerja pada umumnya dapat diperoleh mahasiswa karena menghadapi adalah kenyataan bukan hanya teori sehingga mahasiswa memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dari lingkungan kerja. Secara garis besar pemahaman terhadap dunia kerja meliputi pengetahuan terhadap diri sendiri, dan pemahaman terhadap lingkungan kerja.

Namun, apa yang menjadi bekal bagi mahasiswa untuk melaksanakan program PKL?

Mahasiswa tentu dalam pembekalan akan diberikan materi yang akan menjadi bekal mahasiswa dalam melaksanakan PKL. Materi yang diberikan, PKL di kelompokan menjadi 2 yaitu materi umum dan materi khusus.

Materi umum berisi materi yang terkait dengan tekhnis pelaksanaan mulai dari persiapan ampai evaluasi pelaksanaan PKL. Materi khusus terkait dengan keilmuan yang diperlukan dalam pelaksanaan PKL.

Program PKL juga terdiri dari beberapa bidang garapan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2