Mohon tunggu...
Aksal Mursalat
Aksal Mursalat Mohon Tunggu... Petani - www.agrikompleks.my.id

Seseorang yang senang menulis tentang ilmu pertanian di sektor hulu sampai hilir

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tim PKMS UMS Rappang Memberikan Pelatihan Gizi bagi Kader Posyandu

3 Oktober 2022   22:14 Diperbarui: 3 Oktober 2022   22:29 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Foto Pribadi

Pemasalahan gizi di masyarakat masih menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih oleh semua pihak, termasuk kalangan akademisi. Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang atau FIKES UMS Rappang melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan gizi kepada kader Posyandu.

Kegiatan yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) 2022 ini bertujuan untuk menjadikan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pelayanan kader Posyandu dalam mendampingi masyarakat mengatasi permasalahan gizi di tingkat desa.

Tim yang diketuai oleh Sunandar Said, S.Kep,Ns., M.Kes mengusung topik pengabdian "Pemberdayaan Kader Posyandu Dalam Upaya Peningkatan Status Gizi Balita Berbasis Kearifan Lokal Dan Digital Di Desa Compong". 

Dalam laporannya, ketua tim menyampaikan "kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tugas tridarma yang dilaksanakan oleh dosen". Anggota tim yang ikut dalam kegiatan ini adalah Ibu Devy Febrianti, S.KM.,M.Kes dan Andi Riska Andreani Syafaruddin, S.E.,M.Ak dan beberapa mahasiswa yang ikut dilibatkan. 

Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa lokasi di Wilayah Desa Compong, Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang. Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan di Aula Kantor Desa, Selanjutnya kegiatan penyuluhan dan pelatihan Gizi dilaksanakan di rumah salah satu warga serta kegiatan pendampingan Posyandu dilaksanakan di Posyandu Zahrah Desa Compong.

Kepala Desa Compong dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada tim pengabdian atas kesediaannya dalam membagikan ilmunya kepada masyarakat Desa Compong. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim Dosen dari UMS Rappang yang bersedia datang ke desa kami untuk mengajari kami terutama para kader. Kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari para pemateri nantinya" ungkap Egy Sunardi N., S.Pd.,M.Si selaku Kepala Desa Compong.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari menyajikan materi-materi penyuluhan dan pelatihan. Materi pertama yang dibawakan oleh Mardhatillah, S.KM.,M.Kes  dengan judul Gizi untuk balita. Materi kedua dibawakan oleh Ibu Ibu Devy Febrianti, S.KM. tentang Komunikasi Efektif, sedangkan di bagian ketiga adalah praktek pengolahan makanan bergizi dari bahan lokal oleh Khaeriyah Adri, S.KM.M.Kes. 

Materi terakhir adalah pengenalan aplikasi DI.GI SEHAT yaitu aplikasi pendataan Gizi di Posyandu yang dibawakan oleh Sunandar Said,S.Kep,Ns.M.Kes.. Di hari kedua, kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan hari Posyandu dengan tujuan untuk implemantasi langsung Aplikasi DI.GI SEHAT untuk balita yang dikoordinir oleh Ibu Andi Riska Andreani Syafaruddin, S.E.,M.Ak dibantu oleh anggota mahasiswa.

"kami berharap setelah kegiatan ini, para kader Posyandu Desa Compong bisa menjadi pendamping gizi bagi balita yang ada di wilayah Desa Compong" ungkap ketua tim. "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama kepada pihak Kemdikbudristek, Rektor UMS Rappang, pemerintah Desa Compong serta seluruh peserta" lanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan