Mohon tunggu...
Aksal Mursalat
Aksal Mursalat Mohon Tunggu... Petani - www.agrikompleks.my.id

Seseorang yang senang menulis tentang ilmu pertanian di sektor hulu sampai hilir

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Panduan Cara Ternak Burung Love Bird

1 Agustus 2021   19:19 Diperbarui: 1 Agustus 2021   19:23 167 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Cara Ternak Burung Love Bird
Sumber : Pixabay.com

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung hias yang banyak dicari. Selain itu dari segi kompetisi juga terbilang unggul. Bahkan banyak kontes burung yang membuat jenis lovebird ini lebih unggul. 

Maka peluang mendapatkan laba besar pun bisa anda dapatkan jika melakukan ternak lovebird. Jenis burung ini memiliki bulu yang berwarna-warni. Bentuknya yang mungil dengan kicau nyaring membuat banyak pecinta burung menyukainya. Membudidayakannya pun terbilang mudah baik dari segi pakan sampai proses lainnya.

Budidaya lovebird terbilang menguntungkan karena waktunya cukup singkat. Silahan kalian baca : Budidaya Ternak Burung Lovebird yang Menguntungkan.

Memang diperlukan persiapan khusus dalam membudidayakan burung satu ini. Mulai dari tempat, indukan, sampai perkawinannya. Burung lovebird juga tergolong yang tahan terhadap hama dan berbagai macam gangguan lainnya. Nah, jika penasaran bagaimana panduan cara ternak burung lovebird ini, berikut panduan selengkapnya yang bisa anda coba praktekan di rumah.


Persiapan Tempat
Umumnya kandang untuk burung lovebird terbuat dari besi dengan ukuran persegi panjang. Umumnya bentuk kandang tidak bermasalah asalkan burung bisa membentuk sarang sendiri untuk mengerami telur-telurnya. Anda bisa menggunakan glodok yang didesain serupa dengan habitat asli burung. Harganya pun relatif murah dan anda juga bisa membuatnya secara manual.

Oiya untuk model kendang ternak lovebird harus dari material besi karena burung ini memiliki paruh yang kuat untuk merusak kendang dari kayu.

Memilih Indukan
Perlu kejelian dalam membedakan lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan memiliki posisi kaki lebih rapat ketika bertengger. Ujung sayapnya menyatu seolah membentuk huruf “v”. 

Tulang pubis pun lebih keras dengan ekor lebih runcing. Begitu pula dengan bentuk paruhnya yang lebih kecil namun runcing. Warna bulu jantan lebih mencolok dibandingkan betina. Sementara burung betina memiliki ujung sayap membentuk huruf “u” dengan paruh lebih lebar dan tulang pubis elastis.

Persiapan Perjodohan
Dekatkan indukan jantan dan betina terlebih dulu agar bisa beradaptasi satu sama lain. Anda bisa mencoba menjemur kandang secara bersamaan agar adaptasi lebih cepat. 

Langkah tersebut sebaiknya tidak dilakukan dalam satu tempat yang sama agar indukan tidak saling berkelahi. Kemudian masukan keduanya di tempat yang sama. Masukan glodok ke dalam kandang serta serpihan kayu dan pasir halus. Umumnya lovebird menghasilan telur 4-5 butir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN