Mohon tunggu...
Aksal Mursalat
Aksal Mursalat Mohon Tunggu... Petani - www.agrikompleks.my.id

Seseorang yang senang menulis tentang ilmu pertanian di sektor hulu sampai hilir

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Cara Membuat Pupuk Kompos yang Baik dan Benar

29 Juli 2021   19:19 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:26 95 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membuat Pupuk Kompos yang Baik dan Benar
Sumber : pixabay.com

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pupuk merupakan faktor yang sangat penting di dalam dunia pertanian, hal ini dikarenakan pupuk memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tanaman agar optimal. Bahkan pupuk menjadi salah satu faktor penentu yang sangat menentukan keberhasilan hasil panen nantinya. 

Setiap petani tentu saja ingin agar hasil panennya berlimpah sehingga mereka harus menggunakan pupuk, perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini ada berbagai jenis pupuk yang bisa digunakan baik jenis pupuk kimia maupun jenis organik.

Penggunaan pupuk kimia memang lebih sering digunakan oleh para petani, namun saat ini banyaknya masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan membuat para petani mulai menggunakan beralih ke pupuk organik. Baca Juga : cara membuat pupuk cair organik sendiri.

Salah satu pupuk organik yang populer digunakan oleh para petani adalah kompos, hal ini tidaklah mengherankan karena kompos sangatlah mudah untuk dibuat. Selain itu pembuatan pupuk kompos tidak membutuhkan biaya yang besar karena Anda bisa memanfaatkan limbah disekitar Anda untuk diolah menjadi pupuk kompos. Berikut ini akan kami ulas secara detail cara membuat pupuk kompos dengan baik dan benar.

Langkah Pertama
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum Anda membuat pupuk kompos tentu saja menyiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu. Beberapa bahan dan alat yang perlu Anda siapkan antara lain dedaunan yang sudah gugur, sisa sayuran, rumput, jerami, kotoran ternak, larutan gula sebanyak 100 ml, bakteri EM4 sebanyak 10 ml, dan juga wadah yang memiliki tutup sebagai tempat penampungan. Baca Juga: pupuk organik dari limbah organik sampah rumah tangga.

Langkah Kedua
Hal kedua yang harus Anda lakukan untuk membuat kompos yaitu menghaluskan bahan yang bersifat padat seperti misalnya dedaunan, sisa sayuran, rumput, dan jerami. Anda bisa menghaluskan bahan-bahan tersebut secara manual ataupun menggunakan mesin agar lebih mudah, hal yang satu ini penting untuk dilakukan agar bahan-bahan tersebut lebih mudah dan cepat untuk terurai.

Langkah Ketiga
Campurkanlah bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi dengan kotoran ternak dengan komposisi 3:1, setelah itu masukkanlah larutan gula dan aduk hingga benar-benar merata. Jangan lupa untuk memasukkan EM4 yang mana berisi berbagai macam bakteri dekomposer yang akan berperan untuk mengurai bahan-bahan tadi menjadi kompos, Anda harus mengaduknya lagi hingga merata.

Langkah Keempat
Setelah Anda mencampur semua bahan yang telah disiapkan tadi dan mengaduknya hingga rata, maka Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah penampungan. Anda bisa menggunakan wadah penampungan berupa ember, tong, ataupun karung berukuran besar, namun jangan lupa untuk menutupnya dengan rapat, pasalnya hal ini akan sangat menentukan proses pembuatan kompos.

Langkah Kelima
Perlu Anda ketahui bahwa proses pembuatan kompos memang akan memakan waktu yang cukup lama yakni berkisar antara 2 hingga 3 bulan sehingga Anda harus bersabar menunggunya. Namun Anda boleh membuka penutup wadah penampungan untuk mengaduk bahan-bahan kompos dalam waktu dua minggu sekali, proses pengadukan ini juga penting dilakukan untuk mempercepat proses pembuatan kompos.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN