Mohon tunggu...
Agnia Amanah Dwijayanti
Agnia Amanah Dwijayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro

Mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengajarkan Tren dari Drama Korea soal Vaksin

1 Agustus 2021   14:35 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:36 138 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengajarkan Tren dari Drama Korea soal Vaksin
sumber gambar: laptrinhx.com

Petompon, Gajahmungkur, Semarang (27/07/2021). Program yang dijalankan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip adalah "Butterfly Hug untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan terhadap vaksinasi" dimana sasaran dalam program tersebut adalah Anggota Karang Taruna Kelurahan Petompon. Nahh apa itu Butterfly Hug?

Butterfly hug atau pelukan kupu-kupu merupakan bentuk stimulasi mandiri untuk meredam rasa cemas dan membuat diri menjadi lebih tenang. Kenapa Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip memilih menggunakan Teknik Butterfly Hug ini? Yaitu karena bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan orang lain dan juga bisa dilakukan dimana saja asalkan nyaman.

Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip melakukan survey terlebih dahulu dengan bertanya kepada ketua RW 01 Petompon Bapak Marsono dan Ibu Etty, Agnia (Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip) "apakah masih banyak masyarakat dari kelurahan petompon yang tidak mau untuk vaksin?" kemudian ketua RW 01 Petompon menjawab "masih mbak". Lalu Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip memberikan kuesioner kepada anggota karang taruna kelurahan petomponuntuk mengetahui penyebab anggota karang taruna belum mau untuk di vaksin. Terdapat 3 jawaban teratas dari kuesioner tersebut yaitu 1. Kandungan vaksin, 2. Berita yang beredar, 3. Jarum suntik.

tangkapan layar
tangkapan layar

Setelah diketahui penyebab anggota karang taruna kelurahan petompon belum mau vaksin maka Mahasiswa Fakultas Psikologi KKN Tim II Undip melakukan webinar dengan menggunakan platform Google Meet dikarenakan sedang diberlakunya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh karena itu dipilih dengan melakukan webinar secara Online dengan judul "Butterfly Hug untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan terhadap vaksinasi".

Kegiatan KKN Tim II Undip dilaksanakan mulai dari 31 Juni 2021 hingga 12 Agustus 2021 mendatang dengan mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat di Masa Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".

Teknik Butterfly Hug ini diharapkan masyarakat bisa mengatasi ketakutan dan kecemasan terhadap vaksinasi dan juga bisa untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan dikarenakan hal lain.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x