Mohon tunggu...
Agnes RizkiAnanda
Agnes RizkiAnanda Mohon Tunggu... Sebagai tugas

Halo! saya mahasiswi Sekolah Vokasi IPB jurusan komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Menjadi Pelestari Budaya yang Penuh Tantangan

23 Mei 2019   00:24 Diperbarui: 23 Mei 2019   00:52 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menjadi Pelestari Budaya yang Penuh Tantangan
Dokpri

Bogor,Jawa Barat - Wowo,atau yang bernama lengkap Sutarwa merupakan seorang pensiunan PNS yang tinggal di daerah Kelurahan Pasir Kuda,Kota Bogor Jawa Barat. Wowo merupakan seorang pelestari budaya Jawa Barat yang sangat gigih dalam berusaha. Seorang pensiunan PNS di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STTP) Bogor ini memiliki sanggar yang terletak dekat dengan lokasi rumahnya,bernama Sanggar Dewi Sri.

Sanggar Dewi Sri didirikan oleh Sutarwa sebagai tempat pelatihan budaya Jawa Barat. Selain tarian,Wowo mengajarkan alat musik tradisional Jawa Barat. Wowo membangun sanggar pelatihan ini dibantu oleh anak-anaknya. Keluarga dan anak Wowo selalu mendukung semua yang dilakukan oleh nya untuk melestarikan budaya Jawa Barat.

Menurut Wowo,saat ini budaya di Indonesia sudah mulai pudar karena semakin berkembangnya budaya modern di masyarakat. Kalangan-kalangan muda pun sudah melupakan bahkan tidak mengetahui budaya yang ada di Indonesia. Wowo mempunyai tekad untuk tetap menjaga budaya Indonesia,khususnya Jawa Barat demi kelangsungan generasi mendatang. Karena budaya milik Indonesia,yang menjaga pun juga masyarakat Indonesia

Dalam mendirikan dan melestarikan budaya,pasti selalu dihadapi dengan berbagai rintangan. Wowo pun juga merasakannya,saat ia tidak mempunyai biaya untuk meneruskan sanggar tersebut. Dia merasa dia hanya orang biasa yang tidak memiliki apa-apa dan mempunyai niat serta tekad yang kuat untuk Indonesia agar budaya tetap ada dan dapat terus ada sampai kapanpun. Namun,dengan kegigihannya,ia mampu mendirikan sanggar yang sudah belasan tahun ini berdiri.(ARA)