Mohon tunggu...
Agmalia PWK Universitas Jember
Agmalia PWK Universitas Jember Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

memiliki rasa ingin tau yang cukup tinggi dan mau belajar serta berproses untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pembangunan Kawasan Perumahan yang Tidak Tepat Sasaran

5 Oktober 2022   19:25 Diperbarui: 5 Oktober 2022   19:26 73 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah yang memiliki laju pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang kian berubah-ubah, dimana terkadang terjadi peningkatan ataupun penurunan. Penurunan ini menyebabkan masalah bagi Kabupaten Jember. Penurunan pertumbuhan ekonomi ini dapat menyebabkan masalah kemiskinan di Kabupaten Jember. 

Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. 

Kemiskinan menyebabkan seseorang tidak dapat mencukupi kebutuhan dasar dirinya sendiri maupun anggota keluarganya yang mencakup kebutuhan hidup sosial, fisik dan, mental. Dengan tidak terpenuhinya kebutuhan dasar masing-masing individu akan berdampak pada keterlantaran anggota keluarga dan dirinya sendiri. 

Dalam kondisi ini, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang penting dan harus dipenuhi masing-masing individu. Rumah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan yang selalu beriringan dengan sandang dan pangan. Rumah menjadi prioritas utama bagi setiap individu.

Bertambahnya masyarakat menyebabkan semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap perumahan ataupun tempat tinggal yang layak. Dengan begitu, kita dapat melihat bagaimana permintaan masyarakat terhadap perumahan.

Kawasan perumahan yang diinginkan dan diminati oleh masyarakat biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya, letak atau lokasi yang strategis (dekat dengan pusat kota), fasilitas yang lengkap dan memadai yang disediakan oleh pengembang, harga rumah yang terjangkau, dan sebagainya. Lokasi yang strategis yakni dekat dengan pusat kota sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu karena, sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas sehari-harinya di pusat kota misalnya untuk mencari nafkah. 

Hal itu dapat menjadi poin plus bagi perumahan tersebut. Kemudian, sarana dan prasarana yang lengkap seperti tersedianya tempat peribadatan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baik, saluran air (drainase) yang lancar, dan sebagainya menjadi faktor yang mempengaruhi permintaan masyarakat terhadap perumahan. 

Karena, masyarakat pasti lebih memerhatikan sarana dan prasarana yang ada di perumahan tersebut karena kawasan itu akan menjadi lingkungan yang akan ditinggali. 

Selanjutnya, harga juga menjadi penentu akan permintaan masyarakat terhadap perumahan. Setiap masyarakat pastinya akan memilih harga yang terjangkau dengan fasilitas yang lengkap dan dekat dengan pusat kota. 

Namun, kebanyakan perumahan dengan penawaran kualitas yang baik tentunya akan mematok harga yang terbilang cukup tinggi. Sedangkan, dapat kita lihat masih terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember. Hal itu mengakibatkan pendapatan masyarakat menurun ataupun berpenghasilan rendah. Sehingga, menyebabkan ketidakberdayaan sebagian masyarakat untuk memiliki kebutuhan tempat tinggal yang layak. 

Padahal, tempat tinggal merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa tempat tinggal yang layak setiap individu tidak akan hidup dengan layak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan