Mohon tunggu...
Agi Julianto Martuah Purba
Agi Julianto Martuah Purba Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Saya senang mengamati, membaca, merasakan dan menyatukan semuanya dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Buku-buku yang Menemani Kala Skripsian

12 Mei 2020   13:03 Diperbarui: 12 Mei 2020   13:03 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kolase. (Sumber: Dokumen Pribadi)

Saat saya tahu bahwa saya akan memasuki tingkat akhir dalam perkuliahaan dan akan mengerjakan skripsi, saya buru-buru membeli buku yang saya proyeksikan untuk penyemangat dalam menjalani masa-masa pengerjaan skripsi.

Hal ini saya lakukan karena saya mengerti bahwa masa-masa pengerjaan skripsi adalah masa dimana kejenuhan akan menemani sepanjang waktu dan kesabaran pun akan diuji sepanjang waktu. 

Hal ini lumrah dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir seperti saya, seperti menghadapi dosen pembimbing, penolakan, revisi, hingga jenuh memandang laptop sepanjang waktu. Oleh karena itu, saya butuh buku-buku yang mampu membuat saya tetap termotivasi saat menghadapi hal-hal itu.

Saya memilih empat buku yang saya jadikan pelarian sekaligus inspirasi kala mengerjakan skripsi, dan berikut saya akan ulas buku-buku tersebut beserta alasan saya memilihnya.

#1. Filosofi Teras

Buku ini adalah national best seller yag ditulis oleh Henry Manampiring. Ini adalah buku yang saya hadiahkan ke diri sendiri saat awal tahun, sebagai penyemangat dalam pengerjaan skripsi. 

Buku ini menjelaskan tentang aliran filsafat stoisisme yang mengajarkan menjadi pribadi yang tenang dan bebas dari emosi-emosi negative seperti cemas berlebihan, senang berlebihan, dan cara bagaimana untuk mengendalikan diri. 

Saya membaca buku ini disepanjang pengerjaan bab satu hingga bab 3, wajar karena pada saat-saat itulah emosi-emosi mahasiswa tingkat akhir diuji dengan penolakan judul, adaptasi dengan aturan dan kepribadian dosen pembimbing dan lain-lain. 

Menariknya, buku ini selalu saya bawa di tas yang juga berisi dengan jurnal-jurnal, bahan revisi, dan berbagai referensi, yang saya baca kala menunggu jadwal bimbingan.

"If you live according to what others think, you will never be rich."- Seneca

#2. Bicara Itu Ada Seninya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun