Mohon tunggu...
Agil Septiyan Habib
Agil Septiyan Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Planmaker; Esais; Impactfulwriter; Founder Growthmedia; Dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Think Different, Create Excellent

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Hati-hati Terima Tawaran Kerja Daring Paruh Waktu, Risiko Akun Telegram Kena Blokir

16 Januari 2023   16:00 Diperbarui: 22 Februari 2023   10:53 4297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menerima pekerjaan daring paruh waktu harus mengutamakan kehati-hatian agar tidak merugikan diri sendiri | Sumber gambar : pixabay.com / MarieXMartin

Sekitar lima hari yang lalu sebuah pesan WhatsApp masuk ke nomor saya. Sebuah perkenalan diri ringan disampaikan oleh seseorang yang mengatasnamakan dirinya sebagai perwakilan salah satu perusahaan media.

"Salam, Alisha (bukan nama sebenarnya) here from A*** Media Ltd (nama perusahaannya saya samarkan), our company had your number from LinkedIn, would you like to hear more about job offer?"

Entah kebetulan atau tidak saat itu saya memang sedang memikirkan opsi mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan daring paruh waktu tanpa perlu mengabaikan pekerjaan utama saat ini.

"Ok. With pleasure." Kata saya.

"We are a media company and have started a new project focusing on Indonesia to expand our business with the collaboration of Instagram. There is an offer for you from our company, it's a part time job which you can do from home it will not affect your daily programs or your full time job. Can I share the job scope? "

Sepertinya cocok nih tawaran pekerjaan sambilan ini. Mungkin bisa dicoba. pikir saya selepas membaca uraian singkat dari Alisha.

Pada penjelasan selanjutnya Alisha menjelaskan bahwa perusahaannya telah bekerja sama dengan brand-brand ternama. Mereka memiliki misi untuk meningkatkan keunjungan, follower, subcriber, ataupun like terhadap segenap aktivitas online para kliennya.

Tawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan media tersebut kepada saya sebenarnya sangat sederhana. Yakni melakukan follow pada akun-akun instagram yang ditunjukkan oleh media tersebut kemudian menyertakan bukti screenshot bahwa kita telah melakukannya. Dan enaknya, bisa dikerjakan daring paruh waktu.

Salary yang ditawarkan terbilang lumayan untuk pekerjaan yang sebenarnya sangat ringan itu. Sekali proyek bisa menghasilkan 20 ribu hingga 150 ribu rupiah. Kalau sehari ada 1 proyek saja yang bisa dikerjakan, maka jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu bulan.

Setelah saya pikir-pikir bahwa tidak ada ruginya untuk mencoba maka saya nyatakan persetujuan terhadap tawaran tersebut. Saya juga meminta alamat web perusahaan mereka untuk saya periksa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun