Mohon tunggu...
Agil Septiyan Habib
Agil Septiyan Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Planmaker; Esais; Impactfulwriter; Founder Growthmedia; Dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Think Different, Create Excellent

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Fenomena 11.11 dan "The Power of" Angka Cantik

11 November 2019   14:00 Diperbarui: 12 November 2019   09:01 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar ilustrasi: ayobandung.com

Semenjak popularitas e-commerce meningkat beberapa tahun terakhir ini, semakin banyak juga bermunculan  aktivitas-aktivitas kreatif yang mengatasnamakannya. 

Istilah seperti Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional sering mengemuka ke hadapan publik sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk berbelanja online membeli berbagai macam barang kebutuhan melalui beberapa layanan e-commerce yang aktif di negeri ini. 

Promo atau diskon adalah alat andalan dalam menjaring sebanyak mungkin pembeli, sebagaimana halnya dalam menarik minat pembeli pada pasar konvensional. Akan tetapi, saat ini diskon besar-besaran bukan lagi menjadi "judul utama" dalam transaksi jual beli online. 

Belakangan ini, platform e-commerce seperti lazada, shopee, blibli, dan lain sebagainya cenderung memanfaatkan momentum tanggal-tanggal unik seperti yang terjadi pada (11/11).

11.11 atau tanggal 11 November sebelum-sebelumnya tidak terlalu menjadi pusat perhatian kecuali mungkin untuk penentuan hari kelahiran bayi di tahun 2011 lalu. 

Namun belakangan angka-angka cantik ini semakin mendapatkan tempat dalam dunia bisnis yang tidak hanya semakin ketat, tetapi juga menuntut kreativitas lebih dari biasanya. 

Saat ini, bukan hanya ibu hamil saja yang mengincar tanggal cantik untuk kelahiran putra-putrinya, tetapi aktivitas transaksi bisnis pun juga "tertular" demam serupa. 

Transaksi e-commerce pada waktu-waktu tertentu menunjukkan tren kenaikan yang signifikan dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini mungkin didasari oleh banyaknya promo yang ditawarkan untuk setiap jenis produk yang ditawarkan sehingga menggoda publik untuk membelinya. 

Harbolnas yang jatuh pada tanggal-tanggal unik seperti 10.10, 11.11, atau 12.12 adalah fenomena baru yang dicetuskan pelaku industri ini yang seakan ingin meng-euforia-kan "semangat" berbelanja. 

Padahal sebenarnya tidak yang sakral dengan tanggal-tanggal tersebut kecuali memang kita yang menjadikannya demikian. Dunia bisnis di era modern ini memang terlampau kreatif sehingga sesuatu yang biasa pun mampu dikemas menjadi unik dan spesial.

Perkembangan bisnis online harus diakui memang tengah naik daun selama beberapa tahun terakhir. Raksasa perusahaan dunia pun belakangan dikuasai oleh perusahaan yang bergerak di sektor ini. Amazon, Ali Baba, JD.ID, dan masih banyak lagi yang lain adalah beberapa nama yang sudah tidak asing bagi kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun