Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Memaknai Arti Totalitas dari Seorang "Joker"

10 Oktober 2019   07:18 Diperbarui: 11 Oktober 2019   04:49 0 7 3 Mohon Tunggu...
Memaknai Arti Totalitas dari Seorang "Joker"
Salah satu adegan di film Joker. (kredit: Warner Bros)

Bulan Oktober  2019 ini bisa dibilang sebagai bulannya Joker. Film yang menceritakan awal mula "kelahiran" sang villain legendaris dari superhero Batman ini memang mengundang pujian dari banyak kalangan. 

Mulai dari standing applause selama 8 menit pada Venice Film Festival, hingga rating bernilai 10 yang diberikan oleh beberapa kritikus sudah cukup menjadi bukti betapa bagusnya film ini. 

Bahkan sejak awal pemutarannya di bioskop-bioskop seluruh dunia hingga sekarang, film Joker menduduki tangga tertinggi box office. Mungkin label "bagus" dari film ini bisa dibilang relatif. 

Sebagian orang bisa saja beranggapan demikian, sedangkan sebagian yang lain mungkin saja memiliki penilaian yang sebaliknya. Akan tetapi satu hal yang cukup membuat salut banyak orang adalah perihal kualitas akting sang pemeran utama Joker, Joaquin Phoenix.

Joaquin Phoenix benar-benar menunjukkan kualitas akting yang mumpuni. "Pengorbannya" yang bersedia menghilangkan berat badannya hingga 25 kg hanyalah salah satu bukti. 

Ia juga sampai harus "belajar" kepada orang "gila" sungguhan untuk mendapatkan feel tawa menyedihkan ala Joker. Sebuah sikap yang memberi kita pembelajaran akan arti sebuah totalitas

Sebelumnya, Heath Ledger pun juga melakukan langkah serupa dalam rangka mendalami perannya sebagi seorang Joker. Meskipun pada akhirnya hal itu juga yang membuat sang aktor depresi karena menyelami peran Joker terlalu dalam hingga berujung pada kematiannya.

Joker dan totalitas para aktor | Sumber gambar : in.mashable.com
Joker dan totalitas para aktor | Sumber gambar : in.mashable.com
Makna Sebuah Totalitas

Seringkali kita memaknai arti totalitas itu sebatas pada kesediaan untuk berkorban. Padahal totalitas memiliki beberapa aspek lain yang juga tidak kalah pentingnya dibandingkan komitmen untuk mengorbankan hal-hal penting di kehidupan kita. 

Berikut adalah beberapa sikap yang menjadi penopang dari totalitas tersebut :

1. Kesediaan untuk Berkorban

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x