Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Founder Sang Penggagas; Penulis Buku Powerful Life; Seorang Pecinta Literasi; Bisa dihubungi di agilseptiyanhabib@gmail.com

Berkarya dan hidup bersamanya

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Satu Data Indonesia, Komitmen Nyata Pemerintah Memasuki Era "Big Data"

28 Juni 2019   17:11 Diperbarui: 28 Juni 2019   17:28 0 0 0 Mohon Tunggu...
Satu Data Indonesia, Komitmen Nyata Pemerintah Memasuki Era "Big Data"
Dashboard tampilan mesin pencari data yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia (Sumber gambar : data.go.id)

Kalau selama ini kita harus mengunjungi pusat informasi masing-masing Kementerian untuk mendapatkan update berita terbaru terkait perkembangan situasi dan kondisi terkini, maka mulai sekarang kita sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukannya karena pemerintah telah meluncurkan pusat pencarian data layaknya Google yang memudahkan pencarian semua data informasi milik pemerintah. 

Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini telah merilis Peraturan Presiden No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Portal pencari data ini dapat kita temukan dengan mengunjungi website data.go.id.

Melalui laman ini kita bisa melihat segala jenis informasi tentang Indonesia dalam bentuk data-data yang valid. Informasi yang disampaikan melalui Satu Data Indonesia kecil kemungkinannya adalah hoaks mengingat portal ini dikelola secara langsung oleh pemerintah RI sendiri. Satu Data Indonesia merupakan manifestasi nyata dari era big data. 

Saat ini semuanya berbasis pada data, pengambilan keputusan didasarkan pada data, dan setiap penyampaian opini pun mesti dikuatkan oleh data. Sehingga kehadiran portal Satu Data Indonesia ini diharapkan mampu membawa serta seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli kondisi bangsa dengan berlandaskan informasi yang sesuai dengan fakta di lapangan, bukan hanya berdasar informasi simpang siur yang tak jelas kebenarannya.

Satu Data Indonesia sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi penting perihal perkembangan terkini untuk bidang-bidang yang menjadi perhatian pemerintah. Jika kita misalnya mengetikkan kata "pertanian" dalam portal pencarian ini, maka kita akan disajikan informasi-informasi seperti data luas pertanian di Indonesia, hasil panen, rencana strategis pertanian, dan lain sebagainya.

Hasil pencarian Satu Data Indonesia untuk kata
Hasil pencarian Satu Data Indonesia untuk kata
Data yang ditampilkan oleh portal ini memiliki format yang berbeda-beda, disesuaian dengan kebutuhan pengguna. Ada format PDF, XLS, XLSX, API, dan CSV. Hal ini tentunya membuat data yang disajikan lebih fleksibel untuk kita olah lebih lanjut.

Akan banyak sekali pihak-pihak yang terbantu dengan kehadiran portal ini, terutama para akademisi dan juga peneliti yang ingin melakukan analisa terkait suatu bidang tertentu di negara kita. 

Mereka yang ingin memberi masukan atau kritik kepada pemerintah juga akan "dipermudah" karena data yang disajikan cukup lengkap dan jelas. Pemerintah tentu patut kita berikan apresiasi karena selama ini termasuk sulit bagi kita dalam rangka mencari akses data publik untuk dipergunakan dalam keperluan tertentu.

Kita Bicara dengan Data

Perkembangan teknologi informasi sudah begitu masih sehingga mau tidak mau kita juga harus lebih gesit dalam mengikutinya. Di era digital ini kita semua dituntut untuk bergerak berdasar data, berbicara dengan data, menyangkal sesuatu berdasar data, menyetujui sesuatu berdasar data, dan memutuskan sesuatu pun juga berdasar data. 

Intinya semua yang kita bicarakan hendaknya memiliki basis data yang jelas dan kredibel. Kita menuding ada yang salah dengan program pemerintah, maka data yang harus kita jadikan landasan bicara. Kita ingin mengusulkan sebuah program tertentu, maka data juga yang diperlukan untuk melandasinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x