Mohon tunggu...
Ageall Hendra S
Ageall Hendra S Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2021 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (20107030049)

Hai.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pelaksanaan UTBK - SBMPTN 2021 saat Bulan Ramadhan

19 April 2021   00:16 Diperbarui: 19 April 2021   01:15 224 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan UTBK - SBMPTN 2021 saat Bulan Ramadhan
Lokasi UTBK - SBMPTN 2021, Dok. Pribadi

UTBK adalah ujian atau ujian masuk yang harus diambil saat kita masuk PTN. UTBK adalah singkatan dari ujian tulis berbasis komputer. Dengan kata lain, kami akan menggunakan komputer selama ujian sebagai pengganti lembar jawaban dan pensil. UTBK sendiri diluncurkan pada 2018 lalu diimplementasikan pada 2019.

UTBK  Sejak 2019, UTBK diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.

Ada tiga pilihan di UTBK, yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Mata uji UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), kecuali pada UTBK 2020. Penyelenggaraan UTBK 2020 harus menyesuaikan dengan situasi pandemi yang tengah berlangsung, sehingga rumpun Campuran dan mata uji TKA ditiadakan.

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Perlu kalian ketahui, hingga 2018 seleksi masuk PTN berlangsung dalam satu tahap seperti pada SBMPTN UTBK 2020. Kita memilih jurusan dan PTN sebelum ujian, kemudian menunggu pengumuman apakah lolos seleksi masuk pada jurusan dan PTN yang diincar atau tidak.

Namun sebenarnya SBMPTN UTBK tak bisa dibilang sebagai dua proses yang berbeda karena hasil dari UTBK kita akan digunakan untuk masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN.

Ada yang berbeda pada pelaksanaan UTBK tahun ini yaitu pada tahun ini bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan bagi umat beragama muslim. Seperti yang kita tahu bahwa umat Muslim menjalankan ibadah puasa disaat bulan suci Ramadhan. Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi peserta beragama muslim untuk melaksanakan UTBK – SBMPTN 2021 ini karena selain menahan dahaga, lapar, dan hawa nafsu mereka juga harus bisa melaksanakan UTBK – SBMPTN dengan sebaik-baiknya. Apakah pelaksanaan UTBK – SBMPTN disaat bulan suci Ramadhan memiliki pengaruh terhadap mereka yang menjalankan ibadah puasa dalam mengerjakan soal-soal UTBK – SBMPTN?.

Situasi Lokasi UTBK - SBMPTN 2021, Dok. Pribadi
Situasi Lokasi UTBK - SBMPTN 2021, Dok. Pribadi

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya datang langsung ke salah satu lokasi UTBK – SBMPTN di daerah Karawang Jawa Barat tepatnya di Universitas Singaperbangsa Karawang untuk melihat situasi langsung berjalannya UTBK – SBMPTN 2021. Pada saat saya datang langsung ke lokasi UTBK memang tidak terdapat kantin yang buka dan juga tidak ada orang berjualan diluar lingkungan lokasi UTBK tersebut, lokasi yang saya datangi sangat patuh dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dimana sebelum mengikuti UTBK diwajibkan untuk melakukan tes Covid-19. Saya juga mewawancarai beberapa peserta UTBK – SBMPTN 2021 yang beragama muslim dan menjalankan ibadah puasa untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021 yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tahun ini, beserta dengan persiapan-persiapan mereka.

Yang pertama, saya bertemu dengan Zalfa Dandy Mahardika atau yang biasa dipanggil Dandy, adalah salah satu peserta UTBK-SBMPTN yang berasal dari SMAN 1 Cikarang Barat.

“Apakah kamu menjalankan ibadah puasa hari ini?”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN