Mohon tunggu...
Nyoman Agastyani Sri Hartami
Nyoman Agastyani Sri Hartami Mohon Tunggu... Tugas Akhir Mahasiswa Semester 3 Media Massa

Hallo, saya Nyoman Agastyani Sri Hartami Dipanggil Putri Kelahiran 2000815 Maahasiswi Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Selanjutnya

Tutup

Media

Cuitan Pagi dari Akun Lambe

5 Desember 2020   21:48 Diperbarui: 5 Desember 2020   21:56 14 2 0 Mohon Tunggu...

Media massa saat ini sangatlah banyak diminati oleh masyarakat luas. Bhkan tak jarang mereka lebih memilih kehabisan kuota internet, karena keinginannya untuk menemukan informasi yang dicari-cari, ketimbang harus menunggu koran pagi atau berita terkini. Bahkan jika di lihat-lihat hari demi hari pencarin didalam media sosial tersebut tak terhitung jumlahnya. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk dapat menemukan informasi yang paling terkini. Sehingga para pekerja disektor berita daninformasi sangat dituntun agar selalu dapat memberikan informasi yang masih hangata dan terkini pastinya.


Bukan saja masalah ekonomi,sosial, budaya dan politik saja yang kini sangat di gemari oleh masyarakat. Saat ini media gosip yang berisi mengenai cuitan-cuitan mengenai bagaimana kehidupan para selebriti pun sangat populer. Bahkan didalam suatu aplikasi media sosial kita dapat temukan lebih darin 50 jenis media gopis disetiap harinya.


Media-media gosip ini seringkati dijuluki dengan sebutan "Lambe Turah". Dimana dikutip pada jurnal Ranah Komunikasi pada tahun 2018 menjelaskan mengenai Lambe turah yang berasal dari bahasa jawa yang berarti gabungan dari kata "lambe" yaitu bibir/mulut dan "turah" yaitu sisa, dimana hal tersebut biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi kegemaran yang bergunjing bagaikan punya jatah mulut atau lambe yang berlimpah. Sehingga  yang tersisa untuk hanya untuk bicarakan orang lain. Kemudian kata Lambe turah digunakan menjadi nama sebuah akun gosip di sosial media yang populer. Akun media lambe turah yang biasanya eksis di sosial media akan memiliki jumlah folowers tak kurang dari 6 juta pengguna akun instagram perharinya. Yang mana akun ini telah berdiri dan dikembangkan sejak tahun 2015. Sehingga dapat dikatakan Lambe Turah telah berhasil merebut ceruk pasar gosip yang sangat besar di Indonesia. Bahkan Tayangan infotainment di televisi yang selama ini  memiliki rating tinggi bisa dikatakan dikalahkan oleh akun media sosial Lambe turah, Lambe Turah seakan-akan merupakan reinkarnasi Triomacan.


Pada dasarnya sebuah gosip akan berlalu dalam hitungan hari, tapi tidak buat akun-akun Lambe Turah. Dimana gosip tersimpan seperti menu makan bahkan disetiap paginya sudah beredar gosip pagi yang hangat bagaikan sarapan pagi media di Instagram, dan dikonsumsi oleh jutaan orang, serta dapat lihat kembali oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Kecepatan dan keributan dari munculnya gosip yang dimunculkan pada akun Lambe Turah telah membuat perubahan dalam pasar dan bisnis gosip, yang mana dulunya jadi mainan dominan industri televisi dan tabloid.
Dikutip dari tirdo.id dalam setiap akun media Lambe taurah tentu memiliki admin tersendiri yag mana tugasnya untuk mengekspos gosip-gosip terhangat yang ada, minceu adalah nama panggilan yang kerap digunakan oleh setiap admin. Yang mana mereka akan selalu mengaku memiliki banyak informasi terkait kasus-kasus pada selebritas. Selain itu, pengelola akunnya pun sering menerima informasi dari warganet. Yaitu para netizen, yang gemar akan bergosip, akan mengirimkan informasi atau foto atau bahkan "temuannya di lapangan" melalui sebuh pesan langsung ke Instagram Lambe Turah.


Kiriman informasi semacam itu bisanya akan datang dari orang-orang terdekat si seleb. Atau biasanya sukarelawan ini adalah orang-orang yang memiliki rasa kecewa dengan pesohor tersebut dan memiliki niat untuk mengungkap skandal atau privasinya. Kolaborasi semacam ini juga kerap membuat Lambe Turah sering memiliki dokumen-dokumen yang terbilang pribadi si pesohor. Selain itu, cara mendapatkan informasi selain melalui sukarelawan adalah dengan cara satu hal, dan cara tersebut yaitu mengelolanya dengan hal lain. Sehingga orang-orang yang berada di balik admin Lambe Turah dapat dikatakan tergolong pandai dalam mengolah informasi tersebut.


Selain caranya yang cukup mengandalkan komentar atau cuitan dari netizen ini lah , yang membuat akun lambe tarah sangat laris di banjrongi. Bukan hanya orang-orang dewasa namun remaja pun sangat doyan dan berminat dengan gosip-gosip perbincangan yang dibahas didalamnya. Jadi tidak salah jika penggunanya cukup banyak . serta tak heran juga jika akun-akun yang memiliki maksud yang sama ada banyak di media sosial dimana saja.


Namun, sangat disayangkan juga karena dari sekian banyaknya akun lambe turah masih ada saja gosip-gosip yang dibuat-buat hanya untuk menaikan jumlah pengikut dari akun gosip tersebut. Banyak akun bodong yang hanya sekedar memberikan informasi tanpa kepastian sehingga terkadang netizen atau penikmat gosip yang terlanjur meras panas akan melontarkan hal-hal yang tak seharus nya didalam akun pesohor-pesohor tersebut.
Maka, sangat di harapkan seberkembangnya zaman dan jumlah peminat nya agar suatu kesadaran dalam memberikan informasi juga dapat di olah dan diberikan sesuai fakta yang ada. Bukan hanya sekedar cuitan pagi semata saja.


Sumber :
Restu Diantina Putri. https://tirto.id/di-balik-cara-kerja-lambe-turah-dan-akun-gosip-lain-dbqh . 10 Desember 2018
Aisyah Abbas, Fatimatuz Zahra, Rofi. Jurnal Ranah Komunikasi. PERSEPSI NETIZEN TERHADAP POLA PEMBERITAAN LAMBE TURAH SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT SOSIAL. Tahun 2018

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x