Mohon tunggu...
Agam Rizkiyan
Agam Rizkiyan Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

22002081004 KELAS A

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan Perilaku Konsumen di Saat Pandemi yang Mengubah Strategi dalam Penjualan

20 Januari 2021   22:00 Diperbarui: 20 Januari 2021   22:00 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dimasa pandemi ini banyak perubahan yang secara tidak langsung dapat kita rasakan karena masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah seperti social distancing, memakai masker, selalu cuci tangan dan diharapkan tidak keluar rumah selama tidak memiliki kepentingan yang harus dilakukan diluar rumah. 

Dengan adanya protokol kesehatan yang ketat membuat masyarakat mulai mencari cara agar bisa melakukan kegiatan seperti biasanya namun juga tetap berusaha untuk mencegah penyebaran covid-19. Beberapa contoh perubahan perilaku masyarakat seperti anak sekolah yang belajar dirumah dengan cara daring/online, karyawan juga melakukan pekerja juga secara online saat dirumah, dan transaksi jual beli yang dilakukannya secara online, semua ini dilakukan agar tidak terjadinya kontak secara langsung antar individu dengan individu yang lain.

Semua perubahan yang dilakukan masyarakat terutama dalam hal transaksi jual beli. Hal tersebut bisa juga disebut perilaku konsumen. Perilaku konsumen menurut Philip Kotler dan Armstrong (2002) perilaku konsumen merupakan perilaku pembelian, baik secara individu ataupun rumah tangga yang membeli sebuah produk untuk dikonsumsi personal. Dari sebelum adanya covid-19 perilaku konsumen saat melakukan transaksi jual beli yang dilakukan adalah transaksi secara langsung dengan penjual membayar dengan uang tunai namun disaat pandemi seperti ini dapat dilihat perubahan yang terjadi pada konsumen adalah dengan membayar secara online yaitu tanpa adanya pembayaran tunai. 

Sehingga pada saat ini menunjukkan bahwa salah satu tipe perilaku konsumen adalah konsumen sebagai individu yang terdiri dari persepsi, pembelajaran dan memory, nilai dan motivasi, kepribadian dan gaya hidup, sikap, perubahan sikap dan komunikasi interaktif (Solomon, 2007). Jika dilihat dari perubahan dalam transaksi jual beli maka dimasa pandemi ini perusahaan-perusahaan ataupun pedagang mereka harus jugas bisa merubah strategi pemasaran mereka agar konsumen tetap setia ataupun mampu menarik pelanggan baru.

Seiringnya semakin meningkatnya belanja secara online, para penjual mulai merambah dan mengembangkan strategi digital dengan beberapa cara salah satunya memanfaatkan media sosial dan marketplace. Adanya perubahan dalam strategi penjualan, para penjual sudah melakukan tindakan yang disebut CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) menurut Newell (Imasari,2011:185)  yaitu sebuah modifikasi dan pembelajaran perilaku konsumen setiap interaksi, perlakuan terhadap pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumen dan perusahaan. CRM dilakukan bertujuan agar meningkatkan loyalitas pelanggan dan adanya peningkatan dalam pendapat.

Ketika penjual menjalankan CRM  ini secara tidak langsung akan memberikan kenyaman dan kemudahan bagi konsumen disaat pandemi seperti ini. Konsumen tetap bisa melakukan transaksi jual beli seperti biasanya tanpa adanya transaksi dengan uang tunai. Konsumen kebutuhan terpenuhi dan mendapatkan keamanan karena tidak adanya kontak secara langsung dan bagi penjual juga sama, bisa mengurangi transaksi secara tunai namun tetap mendapatkan penghasilan dan tetap bisa menjaga loyalitas pelanggan serta bisa menambah pelanggan baru.

Sehingga dengan adanya perubahan perilaku konsumen dan penjual mampu menganalisa kebutuhan dan keinginan yang diharapkan konsumen maka adanya perubahan yang dilakukan penjual dalam strategi pemasaran produk mereka.  

DAFTAR PUSTAKA

Philip Kotler dan Armstrong, 2002, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Solomon, M. R. (2007). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. New Jersey, Upper Saddle River: Pearson Educatio n, Inc.

Imasari, K., & Nursalin, K.K. 2011. Pengaruh Customer Relationshhip Management terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Bca Tbk, Jurnal Fokus Ekonomi, Vol. 10 No.3 Pp.183-92.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun