Mohon tunggu...
Afsokhi Abdulloh
Afsokhi Abdulloh Mohon Tunggu... Menulis untuk bersenang-senang

www.afsokhq.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Media

Pertama Kali Ikut Kelas Kontan Academy tentang Digital Marketing

22 Februari 2021   17:09 Diperbarui: 22 Februari 2021   17:31 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertama Kali Ikut Kelas Kontan Academy tentang Digital Marketing
dok. pribadi

Dewasa ini, digital marketing merupakan ujung tombak pemasaran suatu perusahaan. media sosial merupakan ladang marketing yang menjanjikan. pemasangan iklan di medsos juga terbilang cukup murah. maka dari itu semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memulai menggaet 'buyer' melalui platform ini.

meski demikian, medsos masih memiliki banyak kekurangan dibanding google ads hingga market place. sebab orang-orang di medsos tujuannya memang untuk santai-santai saja, sedangkan orang-orang di google dan market place, mereka memang calon buyer yang sedang 'mencari'.

3 Februari kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti webinar yang diselenggaran kontan academy. kita tahu bahwa kontan sendiri memang fokus membahas mengenai dunia usaha dan keuangan.

saya ikut 2 sesi dalam webinar ini, hari pertama perkenalan mengenai facebook ads dan instagram ads, hari berikutnya praktik langsung dan mempelajari bagaimana membaca data iklan yang sudah dipasang sebelumnya.

tentu saja saya mendapat banyak sekali ilmu baru dalam webinar ini, dan yang paling berkesan buat saya adalah ketika narasumber, bapak Robert Hanson, memberikan tutorial bagaimana cara 'mensetting' audiens menjadi 3 bagian sebelum melakukan publish iklan.

yakin new people: orang yang tidak pernah berinteraksi dengan akun kita, engagement: orang yang sudah berinteraksi dengan kita, dan lookalike: orang baru yang mirip dengan engagement tapi sebenarnya new people.

tentu saja dalam pembuatan konten iklan, tiga audiens di atas sangat berbeda.

seminggu selanjutnya saya mempraktikan membuat iklan untuk audiens yang lookalike, dan hasilnya lumayan memuaskan. jangkauan dan target yang sesuai diharapkan, bajetnya pun, lagi-lagi, tidak terlalu besar.

saya mulai serius membangun media sosial tempat kerja saya sekitar setengah tahun lalu. saya membuat konten dan kerja sama dengan penulis. bagaimanapun, konten merupakan senjata utama pemasaran, melalui konten yang menarik, orang akan berkunjung dan melihat produk di akun kita.

marketing dengan metode hard selling agaknya kurang efektif di media sosial yang baru dibangun. lagi-lagi, konten adalah aktor utama. namun, membuat konten bukanlah hal mudah, memerlukan keahlian analisis dan penulisan yang menarik.

balik lagi ke webinar kontan academy ini, ia memang tidak berbicara secara detail bagaimana cara membuat konten, tapi ia memberikan jalan yang benar dan tepat untuk menentukan audiens dan jenis iklan yang sesuai, hal tersebut yang masih saya ingat sampai sekarang. dengan biaya webinar Rp499 ribu, ilmu yang didapatkan bisa dikatakan sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x