Mohon tunggu...
Afry Anti Umaeroh
Afry Anti Umaeroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi Jurnalistik

Menulis adalah bagian dari jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi

27 Juni 2021   18:43 Diperbarui: 27 Juni 2021   22:31 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Foto: Wawancara dengan narasumber melalui zoom-dokpri

Jakarta-Selama pandemi ini hampir semua universitas menerapkan kebijakan belajar di rumah sebagai salah satu upaya untuk mengurangi risiko penularan serta penyebaran virus corona yang sedang mewabah di Indonesia.

Tentunya kegiatan kuliah online menjadi pengalaman unik tersendiri bagi setiap mahasiswa. Ada suka duka yang dirasakan selama menjalani perkuliahan di rumah, seperti yang dirasakan oleh salah seorang mahasiswa dari Universitas Satya Negara Indonesia ini.

 Khairunisa (21), yang merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di kampus USNI membagikan pengalamannya selama kelas online selama pandemi. Ia mengaku banyak sekali kendala yang ia alami ketika harus menyesuaikan dengan sistem daring. Seperti penggunaan kuota internet yang lebih banyak dari biasanya, jaringan yang tidak stabil, serta kondisi lingkungan rumahnya yang selalu ramai menjadi kendala ketika ia sedang ada kelas tatap muka melalui Zoom atau Google Meet.

"Cukup banyak kendala yang saya alami saat perkulliahan online, seperti boros kuota, internetnya yang kadang-kadang lemot, belum lagi kalau di rumah lagi berisik jadi tidak bisa konsentrasi buat belajar" ujarnya ketika diwawancarai melalui zoom pada Sabtu, 26/06/2021.

Kendati demikian, Khairunisa tetap melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa sebaik mungkin. Walaupun mengalami kesulitan dalam memahami materi, ia tetap harus belajar dengan giat agar ia mendapatkan nilai yang memuaskan.

"Sebenarnya agak sedikit kesulitan dalam memahami materi karena tidak dijelaskan secara langsung oleh dosen, tapi saya tetap harus mempelajari materinya. Jika ada hal yang saya kurang paham, saya bisa berdiskusi dengan dosen yang bersangkutan lewat grub kelas atau biasanya saya berdiskusi dengan teman satu kelas untuk bertukar pendapat" sambungnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN