Mohon tunggu...
Afril Lia
Afril Lia Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik SDN 02 Mojorejo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sinau Bareng IT di Era Revolusi Industri 4.0

18 Juli 2019   14:07 Diperbarui: 18 Juli 2019   14:22 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perkenalkan nama saya Afril Lia Susanti, saya lahir di Kota Madiun pada tanggal 19 April 1993. Menempuh pendidikan di IKIP PGRI Madiun mengambil program studi PGSD yang alhamdulillah dapat saya selesaikan pada tahun 2015. Pengalaman mengajar saya masih sangat minim, karena pada tahun 2015 saya hanya di beri kesempatan mengajar siswa kelas rendah sekitar 4 bulan di SDN 03 Klegen. Selebihnya saya membantu dibidang administrasi sekolah tersebut. Pada tahun 2018, Allah memiliki rencana lain untuk saya. Alhamdulillah saya diberi kesempatan menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Madiun tepatnya di SDN 02 Mojorejo melalui sebuah tes tenaga pendidik non PNS yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun.

Tugas saya saat ini mengajar pada jenjang kelas 2, yang mana anak-anak masih dalam tahap pembelajar yang kongkrit. Anak-anak lebih suka melihat dan mendengar langsung apa yang menjadi materi pembelajaran. Mereka belum dapat untuk menggambarkan atau membayangkan sesuatu berdasarkan penjelasan guru. Pada saat ini juga anak-anak tergolong generasi milenial di era revolusi industri 4.0 yang sudah mengenal teknologi digital. Hal tersebut yang menjadi dasar saya mengikuti pelatihan SIBER-IT angkatan 2 membuat video pembelajaran berbasis multimedia dengan video maker fx di SMPN 9 Madiun. Saya berkeinginan untuk menambah ilmu dalam mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif di bidang teknologi sehingga hasil pembelajaran lebih optimal.

Selama pelatihan SIBER-IT angkatan 2 ini saya sangat senang karena banyak teman dari berbagai latar belakang pendidikan. Namanya sinau bareng IT,  banyak suka dukanya. Beberapa kendala pasti saya jumpai, solusinya ya harus banyak bertanya dengan teman-teman yang sudah berhasil dan mencoba berulang kali. Semoga hasil dari pelatihan ini dapat saya terapkan untuk membuat media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak didik saya. Serta dengan adanya ilmu yang baru ini dapat saya bagikan untuk teman-teman saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun