Mohon tunggu...
Afriantoni Al Falembani
Afriantoni Al Falembani Mohon Tunggu... Dosen dan Aktivis

Menulis dengan hati dalam bidang pendidikan, politik, sosial, fiksi, filsafat dan humaniora. Salam Sukses Selalu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membaca Arah Baru Kebijakan Era Digital Society Sumsel

22 Mei 2020   13:07 Diperbarui: 26 Mei 2020   10:05 22 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Arah Baru Kebijakan Era Digital Society  Sumsel
hd-penddikan-5ecc8543d541df39ce0f3684.jpg

Afriantoni

(Pemerhati Kebjikaan Pendidikan)

Kebijakan strategis pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel) di era digital society menuju Sumsel maju diungkap oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Riza Pahlevi, MM memiliki langkah strategi yaitu ada 3 dasar: care (peduli), love (cinta), dan share (berbagi).

Untuk mewujudkan tiga dasar tersebut sumber daya manusia yang ada di Sumsel hendaknya mampu menciptakan sikap peduli. Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa jurusan Manajamen Pendidikan Islam kelak akan menjadi seorang pemimpin harus mampu menjadi teladan yang baik dalam menciptakan sikap peduli. Hal ini dapat berupa etika, langkah selanjutnya yaitu menciptakan keunggulan.

Dalam menciptakan keunggulan dapat disesuaikan dengan kekhasannya suatu daerah yang ada yaitu berupa skill (keterampilan), pengetahuan, imtak dan lain sebagainya.

Dalam dunia pendidikan diharapkan mampu menerapkan literasi (kemampuan menulis dan membaca), literasi disini bukan hanya diartikan membaca atau menulis saja akan tetapi lebih ditekankan untuk menelaah kata demi kata yang ada dalam sebuah buku tersebut.

Sehingga siswa paham betul mengenai materi yang diajarkan atau dipelajari. Langkah selanjutnya yaitu integritas, maksdunya dalam lingkungan pendidikan hendaknya tidak terjadi adanya perbuatan tercela.

Kemudian dalam proses belajar mengajar diharapkan bisa menciptakan inovasi baru dalam mendukung perkembangan pendidiakan di era digital pada saat ini. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan dalam kemajuan pendidikan diharapkan memiliki kemampuan cerdas (cermat, edukasi, real, dedikasi, amanah, sains dan silaturahmi).

Arah baru kebijakan pendidikan di Sumsel sesuai dengaan isi visi, misi pendidikan di Sumsel yaitu: Meningkatkan sumber daya manusia , dimana sumber daya manusia untuk meningkatkan pendidikan di semua pendidikan.

Untuk digital society economi  memacu pada ekonomi masyarakat di 4 komponen: Pertama, harus memahami bahasa Inggris secara internasional Kedua, harus menguasai komputer data. Ketiga, harus memehami statistik data. Keempat, harus berjiwa pemimpin, yang bisa merangkul SDM (mengelola, mengarahkan SDM).

Dimana dalam 4 komponen tersebut harus dimiliki siswa dengan mengacu dengan istilah STEM (Sains, Teknologi, Ekonomi, dan Media). yang berperan dalam kemajuan pendidikan diharapkan memiliki kemampuan cerdas (cermat, edukasi, real, dedikasi, amanah, sains dan silaturahmi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN