Mohon tunggu...
Afra Shabirah
Afra Shabirah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

''Bank Berslogan Sahabat Keluarga Indonesia yang Merengkul Kehidupan Generasi Digital dan Milenial Indonesia Menjadi Lebih Baik''

28 Februari 2019   16:47 Diperbarui: 28 Februari 2019   17:02 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

BTN merupakan Bank BUMN yang berbentuk perseroan tbk, bertugas melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangan berupa simpanan, investasi dan kredit. yang berfokus pada 3 jenis sektor usaha diantaranya : Simpanan tabungan, pinjaman, perumahan, perbankan komersial, dan Syariah-banking (perbankan syariah).

BTN menyediakan berbagai produk dan jasa di bidang perumahan, terutama melalui pinjaman (KPR), baik KPR bersubsidi untuk kelas menengah ke bawah segmen masyarakat Indonesia dan hipotik non-subsidi untuk kelas menengah ke segmen kelas atas ( Andri Setiawan S.Kom.2015."Pengertian BTN''. Di akses tanggal 25 Februari 2019 dari https://www.infoperbankan.com/btn/bank-tabungan-negara.html).

Kini BTN telah menginjak usianya yang ke 69 tepatnya pada tanggal 9 Februari 2019 . Usia ini dapat dikatakan sebagai usia yang sudah cukup lama tetapi BTN tidak pernah lelah untuk meningkatkan kesejahteraan nasabah--nasabahnya.dan selalu berpikir kreatif dalam menciptakan inovasi--inovasi terbaru agar Bank ini tetap atau bahkan menjadi Bank yang paling berkualitas dalam melayani nasabahnya karena saat ini persaingan ataupun kompetisi dibidang perbankan semakin ketat sehingga BTN harus bekerja keras untuk terus menarik nasabah hingga Bank ini harus memasuki semua bagian--bagian dan berfokus untuk merangkul generasi angkatan milenial . Generasi milenial adalah generasi yang lahir tepatnya pada kisaran tahun 1980-2000an. Millenial pada umumnya didominasi oleh kaum muda produktif yang melekat pada dunia digital. Pada kehidupan modern sekarang ini, perkembangan teknologi tidak bisa dilawan. Para pelaku bisnis dan masyarakat di Indonesia yang didominasi oleh kaum muda selalu mengandalkan internet untuk aktivitas kehidupanya( sumber infografis : Instagram @bankbtn).

Tidak bisa dipungkiri bahwa industri digital sangat memengaruhi satu sama lain terutama bagi generasi milenial. Saat ini zaman terus berubah karena generasi saat ini atau biasa disebut dengan generasi milenial mempunyai gaya hidup yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya atau yang biasa disebut dengan generasi x. Mengapa sifat mereka sangat berbeda? Jawabannya ialah karena generasi milenial adalah generasi yang senangnya nongkrong--nongkrong di caf bersama teman--temannya.

Ketika membeli suatu barang, generasi milenial juga lebih memerhatikan merknya daripada kegunaan ataupun fungsi dari suatu barang tersebut. Selain itu, mereka juga sering menggunakan uang penghasilannya untuk hal--hal yang kurang penting seperti travelling dan shopping sehingga penghasilan mereka hanya habis untuk gaya hidup mereka. Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwasannya yang menyebabkan kaum milenial kesulitan untuk mempunyai rumah sendiri adalah karena hal ini dan juga karena kenaikan penghasilan mereka tidak sesuai dengan kenaikan harga rumah saat ini.

Sifat generasi milenial yang mempunyai daya konsumtif yang tinggi menjadi perhatian perbankan untuk terus menarik perhatian para milenial. Hal ini menjadi potensi besar untuk perluasan dan pengembangan bisnis perbankan oleh BTN. Bagi BTN perkembangan digitalisasi bukan merupakan suatu ancaman melainkan sebuah kemudahan untuk mengembangkan produk inovatif dan kreativitas Bank BTN ini.

Oleh karena, perkembangan teknologi yang semakin pesat, hal ini dapat mempermudah BTN untuk terus merangkul generasi digital dan milenial Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya dengan di dasarkan pada jumlah pertumbuhan penduduk disetiap wilayah Indonesia yang setiap tahunnya selalu tinggi (tingginya angka mortalitas/tahun) yang nantinya generasi milenial yang usianya sudah mencapai usia produktif akan diminta bekerja sama oleh BTN untuk ikut serta dalam memberikan peran dalam berbagai aspek khususnya dibidang perbankan.

Dan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat di zaman sekarang ini, Bank BTN terus berinovasi dalam bagian digitalisasi agar terus memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi nasabah--nasabahnya . Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah--masalah yang di hadapi generasi milenial, Bank BTN pun hadir dengan salah satu program terbarunya yaitu KPR Gaess. Program ini memberi kemudahan dari awal pengajuan aplikasi KPR dan untuk uang mukanya pun terjangkau termasuk dengan biaya administrasi. Sebagai keunggulan KPR Gaess, maka BTN memasukkan biaya proses KPR dalam plafon kredit dan nasabah tidak perlu mengendapkan dananya di rekening.

BTN menawakan DP minimal 1% khusus untuk rumah pertama, memberikan diskon 50% biaya provisi dan administrasi. Bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun. Memiliki tenor panjang. Di samping itu, BTN telah meluncurkan pelayanan portal KPR via online melalui website BTN Property. Tentu dengan adanya aplikasi online ini akan mempermudah nasabah, terutama dari generasi milenial. Berdasarkan pantauan Bank BTN sendiri, aplikasi KPR online yang mengalir lewat portal tersebut tercatat mencapai 42.661 aplikasi, atau melompat 208% dibandingkan tahun 2017 yang hanya sebanyak 13.680 aplikasi. (sumber: id.beritasatu.com). Hal ini terbukti bahwa Bank  BTN telah memiliki jumlah nasabah untuk kategori KPR sampai jutaan.

BTN dikenal sebagai salah satu bank yang mempunyai jiwa sosialisme yang tinggi karena telah berpengalaman selama 69 tahun untuk membantu pemerintah dalam  menciptakan upaya--upaya yang dapat mendorong rakyat kecil untuk mempunyai kepemilikan rumah sendiri. Karena telah diketahui bersama bahwa di zaman sekarang ini, harga tanah maupun harga bahan bangunan melonjak tinggi sehingga membuat banyak keluarga kesulitan untuk membuat rumah. Oleh karena itu Bank BTN selalu memberi fasilitas berupa peminjaman dana agar keluarga--keluarga/rakyat kecil yang kesulitan untuk membuat rumah dapat mempunyai rumah sendiri.

Selain itu BTN juga memberikan bunga yang bersahabat bagi nasabahnya. Apasih yang dimaksud dengan bunga bersahabat itu? Jadi yang dimaksud dengan bunga bersahabat adalah pihak bank akan memberikan bunga yang kecil bagi nasabah yang meminjam dana sedangkan jika nasabah menabung di bank akan diberikan bunga yang besar. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi nasabah. Maka dari itu Bank BTN disebut sebagai salah satu ''Bank Agen Program Satu Juta Rumah Nyata dan Dekat'' karena merupakan agen perpanjangan tangan antara rakyat dan pemerintah. Bank BTN sendiri juga memiliki slogan yaitu " Sahabat Keluarga Indonesia". Yang mana maksud dari slogan ini adalah karena Bank BTN telah banyak membantu rakyat--rakyat kecil di Indonesia untuk mempunyai rumah sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun