Mohon tunggu...
Arif Nino Budiman
Arif Nino Budiman Mohon Tunggu... Musisi - Seniman, Penulis, dan Content Creator

Arif Budiman atau lebih populer dengan nama Afran Nino adalah seorang Panembang Cianjuran sekaligus akademisi dan praktisi di bidang komunikasi digital.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Seniman dan Budayawan Sunda, Ubun Kubarsah Tutup Usia

27 April 2024   19:50 Diperbarui: 29 April 2024   23:51 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ubun Kubarsah. Foto: @ajinumoto_

KOMPASIANA, Bandung, 26 April 2024 - Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar duka menyelimuti dunia seni dan budaya Sunda. Seniman dan Budayawan Sunda ternama, Ubun Kubarsah, telah berpulang pada hari Kamis, 25 April 2024 di Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung pada pukul 15.40 WIB, dalam usia 71 tahun.

Maestro Karawitan Sunda kelahiran 18 Maret 1953 ini merupakan sosok multitalenta yang menyumbangkan karya-karya berharga bagi pelestarian dan pengembangan budaya Sunda. Nama Ubun Kubarsah tak hanya dikenal sebagai komposer dan kreator musik, tetapi juga sebagai penulis produktif yang menghasilkan banyak buku, novel, serta kumpulan puisi Sunda.

Dedikasi dan Kiprah Ubun Kubarsah, Pengabdian Tiada Henti Untuk Seni Sunda

Dedikasi Ubun Kubarsah dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Sunda tak perlu diragukan lagi. Upaya gigihnya dalam memodernisasi seni Cianjuran agar tetap lestari di era digital membuahkan hasil gemilang. Pengabdiannya diakui dengan penghargaan Anugerah Komponis Indonesia 2018 dari Perpustakaan Nasional.

Ubun Kubarsah Menerima Penghargaan Anugerah Komponis Indonesia, tahun 2018. Foto: Facebook @Ubun-Kubarsah
Ubun Kubarsah Menerima Penghargaan Anugerah Komponis Indonesia, tahun 2018. Foto: Facebook @Ubun-Kubarsah


Lebih dari 300 lagu telah diciptakan oleh Ubun Kubarsah. Dari tangannya lahir karya-karya monumental dan konsep inovatif yang memberikan pencerahan bagi masyarakat Sunda. Kiprahnya tak hanya terpaku pada seni Cianjuran, Ubun juga aktif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga untuk mengembangkan materi seni budaya dalam dunia pendidikan.

Salah satu pemikiran revolusioner Ubun adalah melahirkan seni Bandungan sebagai genre baru dalam musik Sunda, serta materi Sekar Anyar yang merupakan pengembangan baru dari materi Cianjuran. Ubun Kubarsah telah meninggalkan jejak mendalam dalam khazanah budaya Sunda. Kegigihan, dedikasi, dan karyanya akan selalu dikenang dan menjadi inspirasi bagi generasi penerus.


Sosok Ubun Kubarsah di Mata Seniman Sunda

Neneng Dinar, Penambang Cianjuran dan Bandungan, yang pernah berkolaborasi dengan Ubun Kubarsah, berbagi kenangan dan pesannya:

"Pak Ubun selalu semangat dalam setiap garapan dan selalu terbuka untuk masukan dan ide-ide baru dari para kolaboratornya. Beliau selalu mendorong para kolaboratornya untuk selalu maju dan berkembang." Ungkap Neneng, Jumat, 25 April 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun