Mohon tunggu...
Afra muna
Afra muna Mohon Tunggu... Guru - sedang kuliah di UIN WALISONGO

Mengamati lingkungan sekitar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Manfaat Menanam TOGA di Sekitar Rumah

15 Agustus 2022   06:52 Diperbarui: 15 Agustus 2022   06:56 122 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

TOGA adalah singkatan dari tanaman obat dan keluarga yang sudah umum ditemukan di kawasan pedesaan. Selain berfungsi sebagai penghijau lingkungan tanaman TOGA juga dapat dimanfaatkan sebagai obat atau jamu yang kemudia dijuluki apotek hidup. 

Toga banyak ditanam pada pekarangan rumah dikarenakan tanaman toga memiliki banyak manfaat dan tidak memakan banyak tempat,maka biasanya ibu-ibu menanam toga dipekaran rumah. Adapun Beberapa manfaat dari menanam tanaman TOGA yaitu :

  1. Sebagai obat alami untuk pribadi maupun keluarga : Dengan tanaman yang ditanam sendiri, kita bisa mengobati aneka ragam penyakit, baik penyakit ringan seperti panas dan flu, maupun penyakit berat seperti jantung dan asam urat.
  2. Memberikan kesan estetika disekitar  rumah : Jika ingin memiliki tampilan pekarangan yang alami dan berbeda dengan tanaman hias pada umumnya, maka tanaman obat bisa menjadi pilihan yang tepat.
  3. Menjadi peluang bisnis : Mengingat tingginya kebutuhan tanaman obat baik dalam konsumsi pribadi maupun umum, maka kita dapat memanfaatkan hal ini menjadi bisnis jual beli tanaman obat dengan prospek yang menjanjikan.
  4. Bahan campuran jamu tradisional : Beberapa jenis tanaman TOGA dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran jamu antara lain temu lawak, brotowali dan jinten hitam.
  5. Bahan makanan sehari-hari : Kemangi, daun seledri, daun pepaya, jahe, bawang, dan sebagainya merupakan contoh jenis tanaman TOGA yang bisa diolah menjadi makanan sehari-hari.

Beberapa contoh dari tanaman obat keluarga (TOGA) antara lain :

  1. Serai : Tanaman serai mengandung terapeutik untuk meredakan stress, antipireti bermanfaat untuk meredakan demam dan mencegah infeksi tenggorokan, serta meredakan nyeri (sakit perut, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kram saluran pencernaan, kram otot, dan sakit perut).
  2. Bawang putih : Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang kanker. Selain itu, bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol, mencegah jerawat, mengobati sakit gigi, meningkatkan imunitas, dan mengobati flu.
  3. Jahe : Bermanfaat untuk mengatasi batuk dan rematik, memperlancar peredaran darah, mengatasi perut kembung, mengobati migrain, mengatasi perut buncit, dan menurunkan tekanan darah.
  4. Lengkuas : Bermanfaat untuk meredakan peradangan, karena di dalam lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik membantu menurunkan demam, mengatasi penyakit saluran pernafasan (bronkitis kronis dan batuk), serta efektif dalam mengobati panu.
  5. Lidah buaya :  mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, mengurangi infeksi, mengobati luka bakar, meningkatkan nafsu makan, mengatasi sembelit kronis, serta menutrisi kulit dan rambut.
  6. Jeruk nipis : Memiliki manfaat meredakan batuk, mengatasi asam urat, meningkatkan imunitas, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, dan meredakan radang tenggorokan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan