Mohon tunggu...
Luthfi SA
Luthfi SA Mohon Tunggu... -

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UNS Laksanakan KKN Batch III Saat Pandemi Covid-19 di Desa Wantilgung, Ngawen, Blora

1 Desember 2020   12:54 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:57 10 0 0 Mohon Tunggu...

BLORA -- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melaksanakan KKN Batch III di tengah pandemi COVID-19 secara individu, yang dilaksanakan di Desa Wantilgung Kec. Ngawen Kab. Blora dimulai dari 2 Juni sampai dengan 17 Juli 2020.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan rutin yang diadakan Universitas Sebelas Maret. Tetapi untuk tahun ini karena terjadi pandemik sehingga dilaksanakan KKN COVID-19 di daerah masing-masing. Dalam rangka membantu  masyarakat menghadapi COVID-19. Universitas Sebelas Maret (UNS) menerjunkan mahasiswanya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS dalam bentuk Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. Kegiatan mahasiswa ini yang dilaksanakan di lokasi masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Selain itu, pengabdian masyarakat juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi dampak akibat Covid-19.

Naila Ulya Darojah, mahasiswa Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan KKN di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dengan Murni Ramli, S.P.,M.Si., Ed.D sebagai pembimbing

Program yang dilaksanakan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Wantilgung dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga Kesehatan. Kegiatan yang dilakukan yaitu membagikan masker kain, handsanitiser dan poster apa yang harus dipersiapkan saat new normal  ke masyarakat Desa Wantilgung , serta membagikan ember cuci tangan ke warung-warung supaya dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas sesuai protokol kesehatan. Selain itu juga dilakukan pemasangan MMT "New Normal Check" dan "Pentingnya Mengggunakan Masker".

Program lain yang dilaksanakan yaitu melakukan sosialisasi edukasi secara online terkait informasi apa itu covid-19, bagaimana gejala, proses penularan dan bagaimana cara pencegahannya. Selain itu ada program mengajar anak-anak TK , karena pada saat pandemi ini anak-anak tidak belajar secara tatap muka sehingga ada program mengajar untuk anak-anak TK sesuai dengan protokol kesehatan yaitu cuci tangan dan menggunakan  handsanitiser saat datang dan berjaga jarak serta menggunakan masker.

Tidak hanya itu saja, program lain yaitu dengan membuat tutorial bagaimana cara membuat cairan handsanitiser secara mandiri yang hasilnya dibagikan ke masyarakat. Dan membuat tutorial bagaimana cara membuat cairan disinfektan secara mandiri dan setelah itu melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Desa Wantilgung.

Berbagai program kegiatan KKN COVID-19 UNS sudah dilaksanakan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Dan diharapkan dapat membantu warga untuk meningkatkan pemahaman menganai pentingnya mengikuti protokol kesehatan.

VIDEO PILIHAN