NIM : B0219004
Nama : Afita Arbasari
Program Studi Sastra Indonesia (https://sasindo.fib.uns.ac.id/)
Fakultas Ilmu Budaya (https://fib.uns.ac.id/)
A. Latar Belakang
Sebagai salah satu bentuk pemanfaatan laman resmi milik UNS yang berisi tentang jurnal-jurnal dengan berbagai macam jenis pembahasan dan dapat diakses pada https://jurnal.uns.ac.id, dibuatlah sebuah review tentang beberapa jurnal yang ada di dalam laman tersebut. Salah satu tema yang ada di dalam laman tersebut adalah tentang bahasa (https://jurnal.uns.ac.id/Basastra).
Penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari selalu mengalami perubahan tiap generasinya, tak terkecuali dalam penggunaan bahasa Indonesia. Bagi kaum muda sekarang ini, mereka menggunakan bahasa Indonesia dengan mengubah beberapa kata seperti membalik kata tertentu atau menyingkat kalimat adalah sesuatu yang dianggap menyenangkan dan "kekinian".Â
Interaksi menggunakan modifikasi bahasa ini sering terjadi baik dalam percakapan sehari-hari secara langsung maupun melalui perantara seperti media sosial. Yang menjadi perhatian adalah dimana para pelajar juga sering menggunakan modifikasi bahasa ini dalam komunikasi mereka sehari-hari di lingkungan formal sekolah, bahkan ketika kegiatan belajar dan berdiskusi sedang berlangsung.
B. Tujuan Artikel
Tujuan dari artikel ini adalah mengetahui sejauh mana modifikasi bahasa sudah berkembang dan turut serta masuk ke dalam lingkungan pembelajaran formal di sekolah-sekolah, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Â Mulai dari percakapan biasa dengan teman-teman sebaya sampai dengan penulisan dalam tugas-tugas sekolah.
C. Pembahasan