Mohon tunggu...
Afin Pandu DP
Afin Pandu DP Mohon Tunggu... Freelancer

Seorang Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Malang. Penikmat film. Penyuka buku dan kopi disaat turun hujan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mendorong Pola Hidup Bersih dan Sehat, KKN 133 UMM Adakan Penyuluhan

8 Agustus 2019   18:28 Diperbarui: 8 Agustus 2019   18:30 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendorong Pola Hidup Bersih dan Sehat, KKN 133 UMM Adakan Penyuluhan
Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat oleh KKN 133 UMM/dokpri

Berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2019, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 133 Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah. Penyuluhan yang diketuai oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan ini dilaksanakan di kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 4 Tawangargo.

Salah satu penerapan hidup bersih dan sehat di sekolah, dengan memberikan pengertian dalam Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa-siswi SDN 4 Desa Tawangargo. Terdapat 8 poin penting dalam PHBS Sekolah yang disampaikan kepada seluruh siswa-siswi di sana yakni: 

1) Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun, 2) Jajan di kantin sekolah yang sehat atau makan makanan bergizi, 3) Memuang sampah pada tempatnya, 4) Megikuti kegiatan olah raga di sekolah, 5) Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan secara teratur setiap 6 bulan, 6) Bebas asap rokok, 7) Memberantas jentik nyamuk, dan 8) buang air kecil dan buang air besar di jamban sekolah.

Keseluruhan poin-poin dalam PHBS Sekolah ditumbuhkan sedari dini untuk menerapkan pola hidurp bersih dan sehat para siswa. Di akhir sesi penyuluhan dilakukan sesi tanya jawab berhadiah susu untuk menarik minat para siswa-siswi sekaligus menerapkan salah satu poin PHBS Sekolah yakni makan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan terlaksananya penyuluhan PHBS, diharapkan seluruh siswa SDN 4 Desa Tawangargo menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x