Mohon tunggu...
Afina ZuhrotalMillati
Afina ZuhrotalMillati Mohon Tunggu... Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur'an An-Nur Yogyakarta

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menghafal Al Quran Itu Mudah

22 Januari 2021   11:21 Diperbarui: 22 Januari 2021   11:27 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghafal Al Quran Itu Mudah
girl-4629214-1920-600a48a5d541df764e313a72.jpg



Dapat menghafalkan Al-Qur'an merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah kepada orang-orang tertentu. Banyak sekali orang yang ingin menghafalkan Al-Qur'an, akan tetapi mereka tidak percaya diri bahwa mereka itu mampu. Mereka selalu dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah saya bisa menghafalkan Al-Qur'an yang terdiri dari 30 juz itu? Apakah saya dapat mengingatnya kembali? dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang mereka asumsi sendiri.


Pada dasarnya, setiap orang itu mampu untuk menghafalkan Al-Qur'an, asalkan mereka mempunyai niat, keyakinan, dan bersungguh-sungguh untuk menghafalkannya. Seperti dalam Q. S Al-Qamar, Allah menyebutnya sampai empat kali, yaitu ayat 17, ayat 22, ayat 32, dan ayat 40

"Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?"
Dari sini dapat dilihat bahwa Allah saja mempermudah untuk menghafal Al-Qur'an, tinggal bagaimana seseorang mau atau tidak menghafalkannya.

Bagaimana cara mudah menghafal Al-Qur'an dan mengulang hafalan?

Pertama, Usahakan untuk mempunyai target dalam menghafalnya. Misalkan dalam satu hari mempunyai target satu halaman, maka hafalkan sebanyak ayat sesuai dengan targetnya, yaitu satu halaman. Jangan pernah menambah atau melanjutkan sebelum ayat yang sudah dihafal benar-benar melekat dalam otak atau ingatan. Target itu harus sama setiap harinya, maksudnya apabila dari awal sudah mengambil target menghafalkan satu hari satu halaman, maka untuk seterusnya juga seperti itu. Karena apabila target itu ditambah atau dikurangi, maka akan mempengaruhi pada kinerja otak.
Kedua. Mengulangi hafalan atau muraja'ah. Mengulang-ulang hafalan ini sangat diperlukan. Ini berguna untuk membuat hafalan semakin melekat pada ingatan atau otak. Muraja'ah atau mengulang hafalan ini dapat dilakukan diwaktu kapanpun. Terlebih pada saat akan tidur dan terus mengulanginya sampai tertidur. Karena pada saat tidur otak terus bekerja, dan disaat itulah hafalan akan semakin melekat.
Ketiga. Mempunyai partner atau pasangan hafalan. Partner atau pasangan itu mempermudah dalam menghafalkan Al-Qur'an. Sebelum disetorkan kepada guru, sebaiknya disima'kan terlebih dahulu kepada pasangan, ini bertujuan agar apabila ada kesalahan baik dalam kesalahan membaca dapat dibenarkan dan juga salah satu untuk menguatkan hafalan.
keempat. Adanya guru. Guru sangat berpengaruh dalam proses menghafalkan Al-Qur'an. Karena guru adalah orang yang dapat membenarkan bacaan yang salah dalam suatu bacaan. Apabila tidak ada guru dan misalkan ada suatu bacaan yang salah dan tidak dibenarkan, itu akan menyebabkan kesalahan yang tidak disadari dan berakibat fatal sampai hari esok.


Apa saja keutamaan orang yang menghafalkan Al-Qur'an?


-Al-Qur'an dapat memberi syafa'at kelak di akhirat bagi orang yang menghafalkannya.
-Orang tuanya akan diberi mahkota yang bercahaya kelak di akhirat.
-Menjadi golongan manusia yang terbaik.
-Diangkat derajatnya oleh Allah.
-Menjadi keluarga Allah di bumi.

Dan masih banyak keutamaan-keutamaan yang lainnnya. Setelah mengetahui tentang keutamaan-keutamaan orang yang hafal Al-Qur;an, apakah anda masih belum tertarik untuk menghafalkannya? yuk, mari menghafal AlQu'an. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu pekerjaan yang baik. Menghafal Al-Qur'an itu mudah, Asalkan ada niat, tekad, dan kemauan, pasti akan dimudahkan. Wallahua'lam bissawab.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x