Mohon tunggu...
Afifur Romli
Afifur Romli Mohon Tunggu... Guru - Noleki Ilmu

sopo gelem soro bakal nemu kepenak e

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Siswa Bertanya, Apa yang Kami Dapatkan dari Layanan BK ?

30 September 2019   22:06 Diperbarui: 30 September 2019   22:10 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam lingkungan sekolah terdapat 3 unsur terpenting 1. Guru 2. Siswa 3. Tempat Belajar, ketiganya tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dalam artian seperti lingkaran yang tidak dapat putus. Tiga komponen tersebut membentuk suatu iklim positif yakni pembelajaran, penyelengaraan pendidikan akan bisa optimal jika 3 unsur tersebut berjalan secara optimal. Unsur guru kita bisa mengetahui bahwa terdapat pembagian yakni guru mata pelajaran dan guru bimbingan konseling, dan masing-masing mempunyai peran yang mengisi posnya tersendiri.

Banyak dari siswa yang belajar di bangku pendidikan belum mengetahui hak mereka tentang layanan yang akan didapatkan dari BK di sekolah tersebut. Bahkan kebanyakan sekolah sendiri tidak menjelaskan tentang layanan-layanan yang di sediakan oleh BK tersebut, maka yang ada difikirkan di kepala kita bahwa guru BK sebatas " Polisi Sekolah", yang hanya menertibkan siswa yang datang terlambat, tidak berpakaian sesuai dengan aturan sekolah, tidak mematuhi aturan-aturan yang lain, dsb.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, mari kita mengenal dan memahami lebih jauh tentang layanan-layanan BK di sekolah, berikut penjelasannya :

Terdapat beberapa komponen layanan

1. Layanan dasar

        Semua siswa yang mendapat layanan dasar diharapkan mencapai tujuan sebagai berikut :

  • Memiliki kesadaran ( pemahaman) tentang diri dan lingkungannya ( pendidikan, pekerjaan, social budaya, dan agama)
  • Mampu mengembangkan keterampilan untuk mengidentifikasi tanggungjawab atau seperangkat tingkah laku yang layak bagi penyesuaian diri dengan lingkungannya.
  • Mampu menangani atau memenuhi kebutuhan dan masalahnya
  • Mampu mengembangkan dirinya dalam rangka mencapai tujuan hidupnya.

Setelah mengetahui tujuan dari pelayanan dasar, seyogyanya siswa yang menjalani pendidikan di bangku sekolah bisa memiliki kepribadian yang mandiri, tetapi fakta dilapangan banyak yang melenceng dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

2. Layanan Responsif

Yaitu layanan bimbingan yang bertujuan membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh siswa saat ini dan layanan ini diberikan kepada siswa dengan segera. Layanan ini mencakup 5 bidang :

a. Bidang Pendidikan
b. Bidang belajar
Dalam hal ini siswa menghadapi permasalahan siswa yang berhubungan dengan kurangnya pemahaman terhadap pelajaran, kurangnya semangat siswa dalam belajar dan mata pelajaran yang disukai atau tidak disukai oleh siswa.
  c. Bidang social  
Dalam hal ini siswa menghadapi permasalahan siswa yang berhubungan dengan perilaku social tehadap sekitarnya dan pencapaian hubungan yang lebih matang antar teman sebaya.

d. Bidang Pribadi
Dalam hal ini guru BK menghadapi permasalahan siswa yang berhubungan dengan kemandirian emosional, pengembangan keterampilan intelektual dan penerimaan diri serta pengembangan diri secara efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun