A. Aliran filsafat pendidikan
Aliran-aliran filsafat ada 6 yaitu:
1. Aliran Progresivisme
Aliran Progresivisme berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini, belum tentu benar pada masa yang mendatang. Tujuan pendidikan menurut pandangan aliran Progresivisme adalah pendidikan harus memberikan keterampilan dan alat-alat yang bermanfaat untuk berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda dalam proses perubahan secara terus-menerus.
2. Aliran Esensialisme
Aliran Esensialisme merupakan aliran pendidikan yang didasarkan oleh nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Tujuan aliran Esensialisme adalah membentuk kepribadian bahagia di dunia dan hakikat isi pendidikannya mencakup ilmu, pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu menggerakkan kehendak manusia itu sendiri.
3. Aliran Perenialisme
Aliran Perenialisme mengandung kepercayaan filsafat yang berpegang teguh pada nilai dan norma-norma yang bersifat kekal abadi. Aliran Perenialisme berpendapat bahwa mencari dan menemukan arah tujuan yang jelas merupakan tujuan utama dari filsafat, khususnya filsafat pendidikan.
4. Aliran Rekonstruksionisme
Aliran Rekonstruksionisme merupakan suatu aliran yang berusaha merombak atas susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern. Aliran Rekonstruksionisme berkeyakinan bahwa tugas menyelamatkan dunia adalah tugas semua manusia.
5. Aliran Eksistensialisme