Mohon tunggu...
Afida NurulSabilla
Afida NurulSabilla Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan Ipa, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Ipa UPS

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Permasalahan yang Sering Terjadi di Dalam Pendidikan

25 November 2020   19:51 Diperbarui: 25 November 2020   19:58 178 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian pendidikan menurut KBBI V adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sangat penting bagi kehidupan, namun banyak orang yang enggan untuk mencari pendidikan.

Permasalahan pokok pendidikan antara lain

  • Masalah pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan
  • Masalah peningkatan mutu pendidikan
  • Masalah relevansi pendidikan
  • Masalah efisiensi manajemen pendidikan

Masalah -- masalah di atas merupakan hal yang sangat pokok dalam pendidikan. Hal tersebut mengakibatkan tingkat pendidikan di Indonesia semakin menurun.

Selain itu, permasalahan pendidikan itu juga bisa dari malas, kepercayaan orang- orang, dan dana.

Malas, kebanyakan orang- orang memiliki sifat malas yang mengakibatkan pendidikan di Indonesia menurun.

Kepercayaan orang- orang, yaitu suatu keyakinan yang biasa dimiliki semua orang terutama dikalangan masyarakat. Contohnya, di keluargamu atau di lingkunganmu pasti ada orang yang selalu beryakinan bahwa anak perempuan sekolah tinggi- tinggi ya ujung- ujungnya nanti di dapur. Pembicaraan itu membuat orang di sekitarnya "meng iya kan". Padahal itu salah, semua orang baik laki- laki maupun perempuan wajib dan harus menempuh pendidikan setinggi- tingginya.

Dana, kebanyakan orang- orang yang putus sekolah karena tidak mempunyai dana, dan kebanyakan orang yang putus sekolah akibatnya tidak ada dana biasanya bekerja entah sebagai pemulung, pengemis, serabutan, pedagang cangcimen, dan lain- lainnya.

Dengan melihat permasalahan di atas kita sebagai mahasiswa wajib melakukan sebuah kegiatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimana caranya??? Caranya dengan membentuk sebuah organisasi dengan menggalang dana untuk proses pembentukan gedung untuk proses pembelajaran. 

Dengan adanya kegiatan tersebut di harapkan perkembangan pendidikan di Indonesia dapat naik kembali. Selain itu, kita membuka layanan bacaan atau semacam les privat dengan sistem pembayaran  gratis atau ditukar dengan "sampah plastik" untuk dijadikan kerajinan tangan. Agar orang yang tidak punya dana dapat merasakan pendidikan. Hal tersebut yang dapat menaikkan pendidikan di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan