Mohon tunggu...
Afida NurulSabilla
Afida NurulSabilla Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan Ipa, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Ipa UPS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Budaya dan Pendidikan

6 November 2020   20:31 Diperbarui: 6 November 2020   20:38 316 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pribadi Afida Nurul Sabilla 

          Pengertian Budaya menurut KBBI V budaya adalah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah. Kata budaya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kita mengenal budaya sejak dulu. Contoh budaya yang biasanya kita kenal yaitu budaya tarian, adat istiadat, dan lainnya. Padahal selain dari contoh budaya itu sangatlah banyak. Kita biasa menggunakan budaya di kehidupan sehari-hari kita, contohnya budaya menyapa, budaya menghormati orang yang lebih tua dari kita, budaya membantu teman jika ada yang kesusahan. Dari pengertian dan contoh hasil budaya di atas budaya itu sendiri bisa digolongkan menjadi jenis budaya, yaitu budaya fisik dan non fisik.

          Pendidikan menurut KBBI V adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Sejak dulu kita memang sudah diajarkan mengenai pendidikan. Pendidikan sangatlah berarti bagi kita.

           Budaya dan pendidikan memiliki keterkaitan yang erat. Budaya dan pendidikan bagaikan orang lapar dan makanan. Kenapa?? Kenapa disangkut pautkan dengan orang lapar dan makanan?? Karena orang lapar jika diberi makanan maka laparnya akan hilang, hidupnya akan sempurna kembali. Begitu pula dengan pendidikan, karena pendidikan yang baik akan menghasilkan budaya yang berkualitas baik. Pendidikan merupakan sikap dan tata dalam budaya juga terdapat dalam moral dan norma.

           Di dalam pendidikan sangat membutuhkan budaya, begitu pula budaya juga sangat membutuhkan pendidikan. Keduanya memiliki arti yang penting bagi kehidupan kita. Sebuah contoh hubungan antara pendidikan dan budaya, yaitu kita sebagai seorang pelajar atau mahasiswa seorang yang mempunyai pendidikan sangatlah diwajibkan mempunyai suatu budaya. Contohnya Budaya apa??? Ya, contohnya budaya  untuk menghormati orang yang lebih tua dari kita. Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa budaya itu sangatlah penting untuk kita lakukan di kehidupan sehari-hari.

           Selain itu, budaya yang wajib kita lestarikan adalah tarian, adat istiadat, dan lainnya. Di dalam sebuah tarian juga mengajarkan pendidikan. Pendidikan dalam bagaimana kita menyesuaikan irama dan ketukan tarian dan contoh lainnya.

           Kita sebagai seorang pendidik harus melestarikan budaya. Bagaimana cara melestarikannya? Cara melestarikannya yaitu dengan kita selalu menggunakan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan semua orang dapat menerapkan sistem budaya dan pendidikan, karena keduanya sangat berikatan satu sama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan