Mohon tunggu...
Afida NurulSabilla
Afida NurulSabilla Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan Ipa, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Ipa UPS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan bagi Kehidupan

3 November 2020   08:47 Diperbarui: 3 November 2020   09:39 377 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto di SD Ma'arif Kota Tegal (dokpri)

Menurut KBBI V Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

            Menurut UU No 20 Tahun 2003 Pasal 3, tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan mempunyai tujuan yaitu,

  • Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menjadikan pelajar yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.
  • Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan, dengan adanya pendidikan dunia menjadi terang dan dunia tidak akan lagi dengan kebodohan. Pendidikan merupakan patokan bagi kehidupan, dengan pendidikan hidup kita menjadi lebih mengetahui apa dan bagaimana maksud kehidupan ini.

Untuk mendapatkan pendidikan sangat beragam caranya, tergantung pada diri kita sendiri. Mencari ilmu merupakan cara kita untuk mencari pendidikan, untuk mencari ilmu kita bisa belajar kapanpun dan dimanapun, baik di PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan lainnya sesuai dengan jalur dan jenjangnya.

Jika diibaratkan dengan sebuah bangunan, Pendidikan sama saja dengan "pondasi". Suatu bangunan jika tidak diberi pondasi maka bangunan tersebut akan tidak kuat. Begitu juga dengan kehidupan, suatu kehidupan jika tidak diberi pendidikan maka kehidupan itu akan tidak beraturan. Begitu pentingnya pendidikan bagi kehidupan kita.

Seperti contoh kita seorang Koki ingin memasak sayur lodeh, kita harus mengetahui bumbu untuk membuat sayur lodeh. Bagaimana cara untuk mengetahui bumbunya?

Untuk mengetahui bumbu sayur lodeh kita harus bertanya atau belajar. Dengan bertanya atau belajar kita mendapatkan ilmu yang kita inginkan, disitulah letak pentingnya pendidikan.

Pendidikan dibuat agar manusia memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan menjadikan hidup lebih bermakna dan bermanfaat. Dengan pendidikan kita mengetahui mana yang baik dan buruknya kehidupan.

Pendidikan membuat manusia mempunyai banyak wawasan dan  pengetahuan. Diharapkan manusia dapat belajar dan memahami pentingnya pendidikan agar kehidupan ini tidak ada lagi kata kebodohan.

Pendidikan merupakan Lentera bagi Kehidupan!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan