Mohon tunggu...
Afiana OktaPermata
Afiana OktaPermata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Suka Menonton Drakor

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Hidden Gem: Wisata Alam Surabaya

18 Juni 2022   20:44 Diperbarui: 18 Juni 2022   20:47 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri
Kota Surabaya merupakan salah satu dari kota di jawa Timur yang memiliki berbagai wisata, salah satunya adalah "Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo". Hutan Mangrove merupakan jenis hutan yang tumbuh di daerah peraiaran payau. Ciri atau karakteristik dari hutan ini ialah didominasi oleh tumbuhan mangrove atau bakau yang akarnya mencuat ke permukaan .

Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo terletak di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Kawasan tersebut merupakan salah satu destinasi wisata yang menggabungkan antara wisata rekreasi dan edukasi. Kawasan wisata ini memiliki tempat yang strategis, perjalanan yang dapat ditempuh dari pusat Kota Surabaya kurang lebih hanya membutuhkan waktu 20-30 menit.

Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu Kawasan konservasi alam yang memiliki kegunaan untuk mencegah terjadinya abrasi khususnya pada wilayah timur Kota Surabaya. Kawasan hutan ini kurang lebih memiliki luas 200 hektar yang di dalmnya dipenuhi dengan tumbuhan bakau.

Di dalam Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo memiliki dua Kawasan utama yang menjadi objek wisata. Yang pertama ialah lintasan jogging (jogging track) dan hutan bakau. Dalam memasuki Kawasan ini, pengunjung tidak di pungut biaya, namun pengunjung belum bisa menikmati wisata tersebut secara keseluruhan.

Untuk menjelajahi hutan mangrove secara luas pegunjung perlu menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu yang membutuhkan waktu 15 menit. Untuk sewa perahu menggunakan system rombongan, yang bisa dinaiki oleh 12 orang. Tarif yang dikenakan untuk orang dewasa ialah Rp. 25.000 sedangka untuk anank-anak sekitar Rp. 15.000.

Setelah menyusuri sungai penhgunjung juga dapat bersantai di gazebo dan rumah apung sembari menikmati pemandanagan yang masih asri. Tidak hanya itu, wisata edukasi yang disajikan seperti menanam pohon mangrove juga dapat menjadi alternatif pilihan lainnya yang tentunya menambah manfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan.
 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan