Mohon tunggu...
Afia Hening Rasyida
Afia Hening Rasyida Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sedang duduk di bangku perkuliahan salah satu perguruan tinggi di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Polemik KKN di Era Covid 19, Berhasil atau Gagal?

30 Juni 2020   19:15 Diperbarui: 30 Juni 2020   19:20 4 0 0 Mohon Tunggu...


Selasa, 23/06/2020
Oleh Afia Hening Rasyida
 
Salah satu perguruan tinggi negeri di kota Solo, Universitas Sebelas Maret menggagas program baru yaitu program KKN atau Kuliah Kerja Nyata di Era Covid-19 di Era Covid-19 dan menjadi program yang pertama kali ada di Indonesia.

Namun, KKN ini berbeda karena dilakukan secara mandiri dan mengoptimalkan secara daring atau online.

Tentunya kata 'Online' disini dimaksudkan melalui teknologi dan internet. Mengapa UNS menggagas program ini?
Karena untuk meningkatkan empati, kepedulian, kerjasama dalam menaggulangi Covid-19 di Indonesia dan mengingat situasi yang ada, mengharuskan banyak kegiatan untuk dilakukan secara online atau daring untuk mematuhi ketentuan yang ditetapkan. Menurut pendapat Ketua LPPM -- UNS Surakarta, Prof. Dr. Okid Parama Astirin, MS.

Lalu apa saja kegiatannya ?
Ada 8 Tema Besar diantaranya,
 
Dengan 8 tema besar tersebut diharapkan mahasiswa mampu membuat program kerja yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakatdengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Meskipun dilakukan hampir sepenuhnya secara online namun, menurut Ibu Tanty (49) salah satu warga di daerah Tanon, Sragen. Mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa UNS ini sangat bermanfaat dan bisa mengingatkan sesama akan penanggulangan virus covid-19 ini.

Pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan dan program ini adalah jangan berhenti melakukan hal-hal baik sekecil apapun, karena bisa jadi hal kecil ini lah yang mampu memberi kedampak yang besar bagi sesama. Mulai dari hal kecil #Bersamakitalawancorona untuk Indonesia yang lebih baik.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x