Mohon tunggu...
Affifah Fatma Dewi
Affifah Fatma Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fakultas Hukum UIN Sunan Kalijaga 2016

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Biogas

22 Agustus 2019   18:24 Diperbarui: 22 Agustus 2019   18:29 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Biogas
Fahmi perwakilan dari PINBUK DIY sedang menjelaskan manfaat limbah biogas kepada Masyarakat Dusun Somodaran

SLEMANMahasiswa Uin Sunan Kalijaga menggelar  penyuluhan pemanfaatan limbah biogas di Padukuhan Somodaran, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal (18/08/2019) bertempat di kandang kelompok ternak Ngudi Makmur Somodaran. Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga menghadirkan dua pemateri dari perwakilan PINBUK DIY dan Dosen UIN Sunan Kalijaga. Fahmi, perwakilan dari PINBUK, menjelaskan mengenai pemanfaatan limbah cair dan limbah padat Biogas dan prospek ekonominya. Kemudian, Zamhari, menjelaskan mengenai manfaat biogas terhadap lingkungan

Penyuluhan ini diikuti dengan penyerahan simbolik kepada Bapak Kepala Dukuh Somodaran yang berupa alat produksi pupuk untuk mengolah limbah biogas.

Ketua kelompok KKN UIN Sunan Kalijaga di Somodaran, Dadan Ramdani, mengatakan tujuan dari penyuluhan ini adalah membangun kemauan masyarakat untuk memanfaatkan limbah biogas.

"Di sini kan sudah ada Biogas, harapan kami sebagai mahasiswa KKN adalah mendorong masyarakat agar reaktor biogas ini terus aktif dan bermanfaat baik secara lingkungan maupun ekonomi", ungkapnya.

Respon dari masyarakat Somodaran cukup baik, diwakili oleh Carik Purwomartani, Bapak Pinto Raharjo.

"Saya sebagai masyarakat yang juga tinggal di desa Somodaran mengharapkan biogas tidak hanya dikelola oleh kandang saja. Akan tetapi, dapat digunakan oleh masyarakat secara luas", kata beliau dalam sambutannya di awal acara.

 Peserta yang hadir menyambut antusias, ditambah adanya doorprize yang membuat suasana lebih meriah. Empat puluh peserta yang datang membawa pulang souvenir berupa bibit tanaman dan pupuk cair dan padat yang diproduksi oleh mahasiswa KKN.

 


 

Penyerahan Pupuk Secara Simbolik Kepada Kepala Dukuh Somodaran
Penyerahan Pupuk Secara Simbolik Kepada Kepala Dukuh Somodaran


 

Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga bersama Perwakilan Lembaga Desa
Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga bersama Perwakilan Lembaga Desa

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x