Mohon tunggu...
Ahmad Feriansyah
Ahmad Feriansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Sepanjang Hayat

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Geografi.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Cabang Olahraga Baru yang Dipertandingkan di PON XX

11 Oktober 2021   12:40 Diperbarui: 11 Oktober 2021   12:42 274 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: kominfo.go.id

PON yang merupakan singkatan dari Pekan Olahraga Nasional pada tahun ini telah menginjak pelaksanaannya yang ke-20.  PON XX atau PON Papua 2021 ini diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe (nama sebelumnya Stadion Utama Papua Bangkit) sebagai lokasi utama penyelenggaraan, baik upacara pembukaan maupun penutupan. Acara ini diadakan pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga.

Uniknya, pada tahun ini terdapat 11 cabang olahraga yang baru dipertandingkan daripada PON pada tahun-tahun sebelumnya. Namun pertandingan cabang olahraga tersebut sifatnya eksibisi, yakni digelar untuk memperkenalkan atau mempromosikannya kepada masyarakat sekaligus memeriahkan acara.

Istilah lain dari eksibisi tersebut adalah pertandingan persahabatan, pertandingan uji coba, ataupun pertandingan persiapan, sehingga sifatnya tidak resmi dan tidak terikat kompetisi/turnamen. Namun, dari kegiatan tersebut bisa saja menjadi salah satu syarat untuk dapat dipertandingkan di PON selanjutnya secara resmi. 

Cabang olahraga eksibisi pada PON XX tersebut meliputi E-sport, Hapkido, Ju-Jitsu, Kabaddi, Kickboxing, Kurash, Modern Pentathlon, Motocross, Paramotor, Selancar Ombak, dan Triathlon. Sementara itu, e-sport yang dipertandingkan ada lima yaitu e-football 2021, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, dan PUBG. 

Pelaksanaan PON XX Papua tinggal beberapa hari lagi, namun untuk sementara ini perolehan medali masih dikuasai oleh Jawa Barat dengan 214 medali yang terdiri dari 78 emas, 65 perak, dan 71 perunggu, kemudian diikuti oleh Jawa Timur dan DKI Jakarta. Sementara tuan rumah Papua berada di posisi ke-empat (Data pada Minggu, 10 Oktober 2021 Pukul 07.00).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan