Kesehatan

Makanan Penyebab Asam Urat yang Gak Boleh Kamu Makan!

13 Oktober 2017   19:07 Diperbarui: 20 Oktober 2017   16:12 1666 2 3
Makanan Penyebab Asam Urat yang Gak Boleh Kamu Makan!
dokterbabe.com

Sebelumnya udah pernah dengar dengan sebutan Asam Urat? Yap, asam urat adalah istilah penyakit yang disebabkan karena kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Zat Purin. Zat Purin ini adalah zat yang biasanya terdapat pada makanan kita sehari-hari, seperti daging, buah-buahan dan sayuran. 

Asam urat juga bisa diartikan sebagai zat sisa makanan yang menumpuk pada tubuh kita. Asam urat biasanya menyerang pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Nah, penyakit asam urat ini jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan komplikasi penyakit seperti gagal ginjal, diabetes dan penyakit-penyakit lainnya.

Tanda-tanda asam urat :

  • Terasa pegal pada sendi-sendi terutama sendi yang berada di ujung-ujung, seperti sendi di jempol kaki
  • Bengkak pada sendi-sendi jari tangan
  • Nyeri hebat
  • Warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi


Buat kalian yang sudah memiliki penyakit asam urat ini, kalian harus mengatur makanan yang di konsumsi setaip harinya. Tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin ya guys. Berikut adalah beberapa makanan penyebab asam urat:

  1. Jeroan sapi : Selain mengandung kolesterol yang tinggi, jeroan sapi juga mengandung zat purin yang tinggi lho. Tetapi jika kalian bisa mengatur konsumsi jeroan sapi ini, kalian malah bisa mendapatkan manfaatnya.
  2. Kerang : kerang menjadi salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sangat tidak dianjurkan untuk memakan kerang jika tidak ingin penyakit asam urat kalian kambuh.
  3. Kangkung : kandungan asam urat di kangkung cukup banyak lho. Walaupun kangkung sering menjadi menu makanan kita tiap hari, tetapi nyatanya bersama bayam, kangkung menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan pengidap asam urat.
  4. Emping : walaupun enak, zat purin yang ada di dalam emping sangat tinggi. Sekitar 50-150 mg / 100 g emping lho. Jadi semakin banyak kamu mengonsumsinya, semakin asam urat kamu melebihi kadar asam urat normal.
  5. Kacang Kedele : dari dunia kacang-kacangan, ternyata kacang kedele menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan pengidap asam urat. Zat purin yang terdapat dalam kedele berpotensi menyebabkan asam urat yang tinggi.

Itulah 5 makanan penyebab asam urat yang harus kamu hindari. Bukan tidak boleh untuk mengonsumsi makanan diatas, tetapi kamu harus benar-benar mengatur makanan yang mengandung zat purin yang tinggi sehingga asam urat pada tubuh kalian tidak menumpuk.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang mengandung asam urat tinggi, kalo kamu tahu tolong komen dibawah ya guys biar semuanya bisa mendapatkan informasi yang luas mengenai asam urat :D