Mohon tunggu...
Afan Bachtiar
Afan Bachtiar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penulis biasa yang menyukai semua konten tulisan. Hobi membaca cerita bergambar yang memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Ingin berkarya melalui tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak kecil, tapi besarnya nyasar ke jurusan lain. Ujung-ujungnya tetap melakoni dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

5 Manfaat Super dari Menulis Cerita Fiksi

15 Oktober 2021   09:14 Diperbarui: 16 Oktober 2021   23:25 167 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Cerita fiksi adalah salah satu cerita yang banyak digemari oleh semua kalangan. Semua umur dapat menikmati tulisan atau cerita fiksi. Jadi jika kamu ingin membuatnya, cara paling mudah salah satunya adalah mencari target pembaca yang sesuai dengan cerita milikmu. 

Saat ini terdapat berbagai platform web novel (website novel) yang sudah menyediakan lapak untuk menulis cerita fiksi, mulai dari cerita pendek, teenlit, sampai antologi. Jadi, nggak perlu nunggu harus diterbitkan dalam bentuk buku pun kamu sudah bisa memulai ceritamu sendiri.

Selain dikenal oleh penggemar karya anda, ada juga lho manfaat dari menulis cerita fiksi. Kamu penasaran nggak sih, apa saja manfaat menulis cerita fiksi? Jika kamu penasaran, maka kamu berada di tempat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan hanya dengan menulis cerita fiksi.

Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Menulis Cerita Fiksi

Semua jenis tulisan memiliki manfaatnya masing-masing bagi penulisnya. Menulis sebuah kalimat poster memberikan manfaat yang berbeda dengan menulis cerita non-fiksi. Hal ini juga berlaku dengan manfaat yang kamu dapatkan dari menulis cerita fiksi. 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, namun akan dirangkumkan untuk kamu agar bisa memahaminya dengan baik dan tidak perlu bosan-bosan cari manfaat menulis cerita fiksi di tempat lain. 

Sudah penasaran? Jika sudah maka berikut ini adalah beberapa manfaat super yang bisa kamu dapatkan jika menulis cerita fiksi

Menulis sebuah cerita fiksi akan memberikan manfaat untukmu. Salah satunya adalah meningkatkan pola berpikir. Pertanyaannya selanjutnya yaitu kenapa bisa seperti itu? Karena dengan menulis cerita fiksi, kamu akan dipaksa untuk bisa memikirkan jalan cerita yang baik. Sehingga jika kamu terbiasa menulis cerita fiksi, maka kamu akan meningkatkan pola berpikirmu.

  • Mengendalikan emosi

Kedua, hal yang menguntungkan dari menulis sebuah cerita fiksi adalah dapat mengendalikan emosi. Saat membahas sebuah karakter, kamu akan merasa pro dan kontra terhadap karakter yang kamu buat. Pastinya akan ada peran batin yang ada pada diri kamu karena bisa saja karakter yang kamu buat tidak sama dengan karaktermu. Hal ini membuat kamu mencoba untuk bersabar, mencoba untuk mengerti karakter yang kamu buat, dan tentu saja akhirnya kamu bisa mengendalikan emosimu dengan baik.

  • Memperbaiki cara komunikasi

Semakin rajin menulis cerita fiksi, maka kamu akan semakin baik dalam berkomunikasi. Alasannya sepele. Karena kamu akan terbiasa menyusun kalimat dengan baik. Kamu akan berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Sehingga komunikasi yang kamu miliki akan semakin baik dan tentunya membuat kamu menjadi lebih bijaksana.

  • Berpengetahuan luas

Jangan salah, menulis cerita fiksi tidak gampang. Tidak hanya dipaksa harus memikirkan alur cerita yang baik, menulis fiksi juga membuat kamu harus banyak melakukan riset. Bisa jadi karena setting kejadiannya berada di tempat yang tidak kamu kenal dengan baik sehingga perlu riset. Jika makin mahir membuat cerita fiksi, kamu akan semakin paham dengan pengetahuan umum yang ada pada dunia ini.

  • Menghasilkan uang dan menambah relasi

Manfaat yang dahsyat dari menulis cerita fiksi tentu saja bisa menghasilkan uang. Kamu bisa menemukan media atau platform yang tepat untuk mendapatkan uang dari menulis cerita fiksi. Tidak cuma uang, kamu akan menambah relasi juga dari komunitas-komunitas menulis tentunya.

Memang lima manfaat dari menulis cerita fiksi ini terkesan sedikit, namun setidaknya kamu tidak perlu repot-repot membaca tips-tips lainnya karena sudah dirangkum dengan baik pada artikel ini. Sudah tergerak untuk menulis cerita fiksi? Ayo mulai dari sekarang! Jangan nanti-nanti. Entah kapan lagi kesempatan bisa datang untukmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan