Mohon tunggu...
Afa Fadila
Afa Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia dini

STOP WISHING START DOING!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perkembangan Moral AUD

17 Maret 2020   21:20 Diperbarui: 17 Maret 2020   21:27 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan moral anak usia dini meliputi perkembangan kognitif yang mengelami perunahan sesuai standar benar atau salah. perasaan dan perilaku semakin sesuai dengan apa yang  telah diatur atau ditentukan oleh etika. 

Moral dapat diartikan nilai yang berlaku di suatu lingkugan sosial dan mengatur tingkal laku manusia.  Adapun pengerian lain yaitu suatu hal kebaikan yang sesuai dengan ukuran yang dapat diteria oleh umum.

Moral anak akan berkembang jika ia mempuyai pengalaman yang berkaitan dengan moralitas. Perkembangan moral diawaili saat anak mampu memahami aturan, norma, dan etika yang berlaku. Stimulus mengenai perkembangan moral  sejak dini sangat mempengaruhi  kecerdasan moral anak dimasa depan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan perkembangan moral aak menurut Hurlock:

1.Adanya kemampuan dan peran hati nurani untuk mengetahui mana yang benar dan salah. Hal tersebut timbul apabila anak dihadapkan pada situasi yang harus mengambil keputusan atas tindakan yang akan dilakukan.
2.Rasa bersalah dan rasa malu, berperan saat sikap dan perilaku tidak seperti yang diharapkan atau pun melanggar aturan.
3.Peran interaksi sosial, memberikan kesepakatan  pada anak untuk mempelajari dan menerapkan standar perilaku yang disetujui oleh lingkungan sosial.

Adapun yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memberikan stimulus pada anak. Latihan dan pembiasaan kepada anak mengenai perilaku hormat terhadap orang dewasa lainnya. Sehingga anak akan terbiasa untuk selalu bersikap hormat kepada kakak dan orang tuanya.

Selain itu dengan cara bermain. Bermain merupakan aktivitas yang dilakukan oleh setiap anak. Menurut peelitian Piaget, perkembangan nilai moral anak usia dini terjadi melalui kegiatan bermain.  Pertama anak akan bermain secara madiri. Kemudian secara bertahap anak akan bermain bersama anak-anak yang lain.

Hal terakhir yang dapat dilakukan yaitu, dengan pembelajaran. Melalui pedidikan moral, anak diajarkan nilai-nilai yang diharapkan dapat ditanamkan dalam diri dan perilaku jujur. Namun strategi pembelajaran ini dilakukan bertahap, sesuai usia anak. 

Pembelajaran  anak usia 2-4 tahun, lebih kerah pembentukan rasa kemandirian. Pada usia 4-6 tahun, pembentukan inisiatif  untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan perilaku baik/buruk.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun